Tuesday, June 30, 2020
Ekonomi

Kapasitas produksi makin meningkat, Turki cabut larangan ekspor pasokan medis

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki pada hari Sabtu telah mencabut pembatasan ekspor pasokan medis. Keputusan itu merupakan sebuah langkah yang dapat memfasilitasi penjualan peralatan ke negara-negara Barat yang sedang kekurangan pasokan.

Kementerian Perdagangan mencabut pembatasan penjualan keluar negeri seperti respirator, intubator, desinfektan dan juga etanol, menurut sebuah dekrit yang diterbitkan dalam jurnal resmi, lapor AFP.

Sebelumnya penjualan pasokan tersebut dilarang atau tunduk pada persyaratan untuk mendapatkan otorisasi dari pemerintah Turki, dengan izin terbatas yang diberikan.

“Pembatasan-pembatasan ini diberlakukan sementara sebagai tanggapan terhadap pandemi. Keputusan untuk mengizinkan ekspor mencerminkan kapasitas Turki yang terus meningkat untuk mengekang virus corona,” kata seorang pejabat kepresidenan kepada media asing.

Pencabutan pembatasan tersebut merupakan peluang bagi perusahaan Turki yang telah meningkatkan kapasitas produksinya sejak awal pandemi, pada saat banyak negara masih berjuang untuk mendapatkan pasokan peralatan medis yang memadai.

Tidak seperti negara lain, Turki tidak kekurangan respirator atau masker.

Turki telah mencatat lebih dari 3.300 kematian Covid-19 dengan hampir 125.000 kasus positif  terinfeksi.

Namun, angka kematian harian telah berada di lintasan menurun selama lebih dari 10 hari, dengan 78 kematian dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir, menurut data kementerian kesehatan pada hari Sabtu, kata Reuters.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca memuji upaya tes massal dan kepatuhan rakyat yang sangat besar terhadap tindakan larangan beraktivitas di luar rumah.

Sumber: Middle East Eye

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x