Saturday, May 30, 2020
Afrika

Pasukan Libya rebut dua kamp militer dari pemberontak

TURKINESIA.NET – ANKARA. Tentara Libya telah merebut kembali dua kamp militer dari pasukan panglima perang Khalifa Haftar di selatan ibukota Tripoli, kata seorang juru bicara militer pada hari Sabtu.

Dalam sebuah pernyataan, Mohammed Kanunu mengatakan tentara telah mengambil Kamp Militer Hamza dan Yarmuk sebagai bagian dari operasi militernya yang sukses terhadap milisi Haftar.

Dia mengatakan tentara juga melanjutkan upayanya untuk membersihkan ranjau dan IED yang ditanam oleh pasukan Haftar.

Minggu ini Angkatan Darat Libya menimbulkan pukulan berat terhadap pihak Haftar melalui kampanye udara besar-besaran di mana beberapa sistem pertahanan udara Pantsir buatan Rusia dilumpuhkan.

Tentara Libya berhasil mengamankan kendali pangkalan udara Al-Watiya, aset militer strategis yang digunakan oleh milisi Haftar selama bertahun-tahun untuk menyerang ibukota Tripoli.

Pemerintah Libya, juga dikenal sebagai Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA), telah diserang oleh pasukan bersenjata panglima perang Haftar sejak April 2019.

Pasukan ilegal Haftar di Libya timur telah meluncurkan beberapa serangan untuk menguasai Tripoli, dengan lebih dari 1.000 tewas dalam kekerasan.

Pemerintah Libya melancarkan Operation Peace Storm pada 26 Maret untuk melawan serangan-serangan tersebut.

Menyusul penggulingan mendiang penguasa Muammar Gaddafi pada 2011, pemerintah baru Libya didirikan pada 2015 di bawah kesepakatan politik yang dipimpin PBB.

Sumber: Anadolu Agency English

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x