Wednesday, July 8, 2020
Amerika

Presiden Recep Tayyip Erdoğan sampaikan selamat Idul Fitri untuk Muslim AS

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu [24/05] mengucapkan selamat kepada umat Islam AS atas Idul Fitri.

“Saya berdoa kepada Tuhanku agar hari-hari suci ini dapat menandai era perdamaian, keamanan, dan ketenangan bagi Muslim Amerika, seluruh dunia Islam, dan umat manusia.” Kata Presiden di video.

Presiden melanjutkan dengan mengatakan bahwa pandemi telah menunjukkan tidak ada hierarki atau hak istimewa di antara wilayah, negara atau negara mana pun di dunia. Hanya melalui kerjasama global masalah yang disebabkan oleh penyakit, berbagai konflik, perang, migrasi, rasisme, Islamophobia, terorisme dan kemiskinan yang mengancam umat manusia, dapat diatasi.

Terkait permasalahan Palestina, Presiden mengatakan bahwa fakta nyata tatanan global telah lama gagal menghasilkan keadilan, perdamaian, ketenangan dan ketertiban.

“Minggu lalu kita telah menyaksikan bahwa proyek pendudukan dan aneksasi baru yang mengabaikan kedaulatan Palestina dan hukum internasional, dilaksanakan oleh Israel. Kami tidak akan membiarkan tanah Palestina ditawarkan kepada orang lain. Saya ingin menegaskan kembali bahwa Al Quds Al Sharif, situs suci tiga agama dan kiblat pertama kami, adalah garis merah untuk semua Muslim di dunia.”

Sementara itu, karena semua orang fokus pada pandemi, rakyat Suriah yang tertindas terus menderita.

Di Libya, pasukan pemberontak Haftar terus menyerang rakyat mereka sendiri dan mengguncang negara dan wilayah.

“Sayangnya, darah dan air mata terus tumpah di bulan suci Ramadhan di seluruh dunia Islam. Saudara dan saudari kita, yang tinggal di negara-negara Barat, menderita serangan baru Islamofobia dan sifat rasis hampir setiap hari.”

“Pandemi Covid-19 menyebabkan utilitas dan keandalan organisasi internasional terhadap ancaman global semakin dipertanyakan. Kami dengan ini mengulangi seruan kami untuk mendesain ulang sistem global, yang kami sebut sebagai ‘Dunia lebih besar dari 5’.”

“Kami sebagai Turki telah berusaha untuk menanggapi semua negara, termasuk Amerika Serikat, yang meminta dukungan kami dalam perang melawan pandemi global. Saya berharap rahmat Allah kepada saudara-saudari kita, yang kehilangan nyawa mereka karena Covid-19, kesabaran kepada keluarga mereka dan pemulihan yang cepat bagi mereka yang sedang dirawat.”

“Tidak diragukan lagi, doa yang kita ucapkan dalam iklim seperti ini lebih jujur ​​dan tulus dari sebelumnya. Hati kami adalah satu dan bersatu meskipun kami telah menghabiskan bulan Ramadhan dan Idul Fitri dengan pahit. Dengan perasaan ini, saya sekali lagi mengucapkan selamat kepada saudara-saudara Muslim Amerika, selamat ‘Idul Fitri atas nama warga negara Republik Turki. Damai sejahtera besertamu…’”

Sumber: Turkish Presidency

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x