Saturday, June 27, 2020
Turki

Walikota HDP ditangkap atas dugaan berhubungan dengan teroris PKK

TURKINESIA.NET – IGDIR. Sebagai bagian dari penyelidikan teror di Turki timur dan tenggara, beberapa pejabat lokal dari partai politik ditangkap Jumat pagi atas dugaan memiliki hubungan dengan kelompok teroris, menurut sumber keamanan.

Walikota Igdir Yasar Akkus dari Partai oposisi Rakyat Demokratik (HDP) ditangkap pada Jumat pagi sebagai bagian dari penyelidikan teror.

Satuan polisi menutup daerah di sekitar gedung kotamadya dan memulai pencarian serentak di kediaman Akkus dan kantornya di kotamadya, kata sumber-sumber keamanan.

Akkus kemudian ditangkap di rumahnya dan dibawa ke kantor polisi. Sementara penggeledahan di rumah dan kantor Akkus berlanjut.

Unit keamanan juga telah menangkap walikota Baykan dan Kurtalan di provinsi Siirt tenggara karena dugaan hubungan dengan kelompok teror PKK.

Menurut sumber, Walikota Siirt Berivan Helen Isik, wakil walikota Peymandara Turhan, walikota distrik Kurtalan Baran Akgul, dan walikota distrik Baykan Ramazan Sarsilmaz ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan teror yang diprakarsai oleh jaksa penuntut umum Siirt.

Sementara polisi mengambil langkah-langkah keamanan yang luas di sekitar gedung kotamadya dan gedung polisi, pencarian di semua kantor pejabat setempat berlanjut.

Pemerintah Turki menuduh HDP memiliki hubungan dengan kelompok teror PKK, dan sejumlah besar walikota HDP telah ditangguhkan dari jabatannya, menghadapi dakwaan terorisme.

Selama lebih dari 100 hari, puluhan keluarga telah melakukan aksi protes di luar kantor HDP di provinsi Diyarbakir, menuduh para pejabat partai membantu kelompok teror PKK secara paksa merekrut anak-anak mereka.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi.

Sumber: Anadolu Agency English

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x