Tuesday, September 29, 2020
Wisata

Pemugaran Gök Medrese berusia 749 tahun hampir rampung

TURKINESIA.NET – SIVAS. Proses restorasi Gök Medrese (madrasah) yang berusia 749 tahun, salah satu karya luar biasa yang berasal dari wilayah Anatolia Seljuk di pusat kota Sivas, hampir selesai.

Gök Medrese dibangun atas perintah Wazir Sâhib Ata Fahreddin Ali pada tahun 1271 pada masa pemerintahan Kaykhusraw III, salah satu sultan Seljuk. Pemugarannya sedang dilakukan oleh Yayasan Direktorat Umum.

Bangunan yang dinamai “Gok” (langit) karena ubin biru yang digunakan dalam dekorasi, akan segera dibuka.

Gubernur Salih Ayhan Ayhan yang mengunjungi struktur sejarah itu  mengatakan, bahwa Gök Medrese adalah mutiara Sivas dan pekerjaan restorasi sebagian besar telah selesai.

Ia mengatakan bahwa hanya pekerjaan restorasi yang membutuhkan kehati-hatian pada ubin yang belum selesai. Ayhan menyatakan bahwa sebuah tender telah diadakan untuk mengubah struktur menjadi pondasi museum.

“Dengan tender ini, bangunan bersejarah akan lebih bermakna sebagai museum.”

Ia menekankan bahwa Gök Medrese akan menjadi lokomotif di Sivas, kota museum.

“Gök Medrese akan menjadi pemimpin dalam industri ini dengan distrik, lokasi, struktur bangunan, dan semua detail indah lainnya.”

“Siva adalah kota budaya dan seni. Dan mahkota kota ini adalah Gök Medrese. Kami akan menyayanginya. Kami akan membawanya dan memperkenalkannya kepada orang-orang. Kesatuan sosial juga memberi bangunan sebuah makna yang berbeda. Saya berterima kasih kepada semua orang yang telah bekerja di sini,” tambah gubernur itu.

Ayhan lebih lanjut mengatakan dengan selesainya proyek Istana yang sedang berlangsung di sebelah Gök Medrese, wilayah tersebut akan menjadi museum terbuka.

Ia juga menggarisbawahi bahwa mereka berencana untuk membangun banyak museum di Sivas.

“Kami akan segera mengaktualisasikan banyak museum seperti museum sekolah industri, museum kota, museum penyanyi dan budaya musik, museum keahlian memasak, museum pendidikan dan museum hammam, dan Sivas akan melanjutkan dengan langkah tegas menuju menjadi sebuah kota museum. Setelah pandemi coronavirus, Sivas akan menjadi pusat pariwisata.”

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x