Thursday, November 26, 2020
Jejak OttomanSejarah

Taj Mahal: Jejak hubungan harmonis Ottoman dan Mughal

TURKINESIA.NET – SEJARAH. Shah Jahan Shahab-ud-din Muhammad Shah Jahan I, raja ke-5 dari Dinasti Mogul di India) telah mengirim delegasi duta besar untuk bertemu dengan Sultan Murad IV sebelum kampanye penaklukan Baghdad. Selama Sultan tinggal di tepi Sungai Tigris, para duta besar memberikan banyak hadiah berharga yang dikirim dari Shah Jahan yang terdiri dari 1000 potong kain dan baju besi untuk tentara Utsmani, serta perisai terbuat dari kulit badak dihadiahkan kepada Murad IV. Perisai itu dikatakan tahan panah dan peluru.

Meskipun demikian, sumber-sumber mencatat bahwa Sultan dengan lemparan lembing tunggal berhasil menusuk perisai.

Sebagai imbalannya, Sultan Murad IV memberikan senjata terbaik pelana dan Kaftan kepada delegasi Mughal. Sultan juga memerintahkan pasukannya untuk mengantar delegasi Mughal ke pelabuhan Basra, di mana mereka berlayar ke Thatta dan akhirnya ke wilayah Surat.

Selain itu Raja Shah Jahan bertukar duta besar dan dokumen dengan Sultan Murad IV. Pertukaran ini dipimpin oleh duta besar Mughal Sayyid Muhiuddin dan duta besar Ottoman Arsalan Agha. Shah Jahan menerima Mimar Yusuf, Isa Muhammad Effendi, dan Ismail Effendi, dua arsitek Turki dan mahasiswa Mimar Sinan Agha yang terkenal. Keduanya kemudian termasuk di antara tim yang merancang dan membangun Taj Mahal.

Sumber: Ottoman Imperial Archives : Referensi – Salih Gülen

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x