Saturday, June 27, 2020
Teknologi

Turki mulai produksi kapal perang modern untuk Pakistan

TURKINESIA.NET – KARACHI. Dua kapal perang canggih Turki akan dibangun secara lokal untuk Angkatan Laut Pakistan sebagai bagian dari perjanjian transfer teknologi yang ditandatangani antara kedua negara.

Kontrak untuk empat MILGEM Class Corvette yang dilengkapi dengan persenjataan modern dan sensor ditandatangani pada tahun 2018. Dua lainnya akan dibangun di Turki yang juga melibatkan transfer teknologi.

Sebuah upacara pemotongan baja yang menandai awal konstruksi diadakan di Karachi Shipyard and Engineering Works (KSEW) PADA HARI Selasa [09/06]. Upacara itu dihadiri oleh pejabat Angkatan Laut Pakistan, perwakilan dari perusahaan pertahanan milik pemerintah Turki ASFAT dan Direktur Pelaksana KSEW, Laksamana Muda Ather Saleem, lapor Anadolu Agency.

Pekan lalu, peletakan lunas – atau pengakuan resmi atas dimulainya upacara konstruksi untuk kapal pertama diadakan di Galangan Kapal Angkatan Laut Istanbul Turki.

Angkatan Laut Pakistan akan menerima dua kapal MILGEM pertama pada tahun 2023 dan dua lainnya pada tahun 2025.

Seorang juru bicara Angkatan Laut Pakistan mengatakan bahwa pembangunan kapal dalam negeri akan membantu mempromosikan industri pembuatan kapal. Dia menambahkan pembangunan kapal kelas MILGEM mencerminkan ikatan kuat yang ada antara Pakistan dan Turki.

Kapal MILGEM memiliki panjang 99 meter dengan kapasitas perpindahan 24,00 ton dan dapat bergerak dengan kecepatan 29 mil laut.

MILGEM fregat tempur anti-kapal selam yang dapat disembunyikan dari radar akan semakin meningkatkan kemampuan pertahanan Angkatan Laut Pakistan.

“MILGEM Class Corvettes akan menjadi platform permukaan canggih yang dilengkapi dengan permukaan modern, senjata bawah permukaan dan anti-udara, sensor, dan sistem manajemen tempur. Kapal-kapal ini akan menjadi salah satu platform yang paling berteknologi maju dari Angkatan Laut Pakistan dan akan secara signifikan berkontribusi untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan keseimbangan kekuatan di kawasan Samudra Hindia,” kata pernyataan itu.

Pada Oktober 2019, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama dengan Kepala Angkatan Laut Pakistan Laksamana Zafar Mahmood Abbasi telah memotong pelat logam pertama dari korvet kelas MILGEM Ada pertama selama upacara di Istanbul.

Turki adalah salah satu dari 10 negara di dunia yang dapat membangun, merancang, dan memelihara kapal perang menggunakan kemampuan nasionalnya.

Sumber: Anadolu Agency English

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x