Saturday, July 4, 2020
Turki

Terlibat terorisme, Turki hukum warganya yang bekerja di konsulat AS 8 tahun penjara

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Seorang warga Turki yang bekerja di konsulat jenderal AS di Istanbul dinyatakan bersalah pada hari Kamis karena membantu sebuah organisasi teroris bersenjata.

Pengadilan Istanbul menghukum Metin Topuz delapan tahun sembilan bulan penjara dengan tuduhan membantu Organisasi Teroris Fetullah (FETO), kelompok teror di balik upaya kudeta 2016 di Turki.

Menurut surat dakwaan itu, Topuz didakwa memiliki kontak dengan Zekeriya Oz, anggota penting FETO yang ini berstatus sebagai buronan, serta mantan kepala polisi dan tentara yang berafiliasi dengan kelompok teroris dan membantu dalam kegiatan mereka.

Dia juga dituduh melakukan empat kejahatan berbeda, seperti berusaha menggulingkan pemerintah Turki dan spionase, tetapi dibebaskan dari semua tuduhan ini karena kurangnya bukti.

Pengadilan memutuskan untuk melanjutkan penahanannya.

FETO dan pemimpinnya Fetullah Gulen yang berbasis di AS mengatur kudeta yang digagalkan pada 15 Juli 2016 di Turki. Kudeta tersebut menyebabkan 251 orang martir dan hampir 2.200 terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di balik kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi ke lembaga-lembaga Turki, khususnya militer, polisi dan pengadilan.

Sumber: Anadolu Agency English

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x