Wednesday, August 12, 2020
Afrika

Kamp konsenstrasi Haftar picu kemarahan di Libya

TURKINESIA.NET – TRIPOLI. Saluran TV Libya pada hari Rabu menyiarkan rekaman tempat penahanan di mana para penentang panglima perang Haftar disiksa di kota Tarhouna, tenggara Tripoli.

Video klip yang disiarkan oleh saluran Februari menunjukkan sel-sel yang sangat sempit di mana tahanan hampir tidak bisa duduk di dalam posisi jongkok.

Rekaman itu memicu kemarahan di media sosial. Salah satu Netizen mengatakan sel-sel itu tampak seperti “kamp konsentrasi Nazi”, sementara yang lain menggambarkannya sebagai “Holocaust Libya”.

Pada hari Selasa, Pengadilan Kriminal Internasional setuju untuk mengirim tim investigasi guna memeriksa kejahatan milisi Haftar di kota Tarhuna.

PBB juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ranjau darat yang ditanam oleh pasukan Haftar telah membunuh dan melukai 138 orang dalam waktu dua bulan.

Selain kejahatan ranjau darat, kuburan massal untuk lebih dari 200 orang ditemukan di tempat-tempat yang berada di bawah kendali milisi Haftar di Tarhuna.

Sejak April 2019, pasukan tidak sah Haftar telah melancarkan serangan terhadap ibukota Libya Tripoli dan bagian lain Libya barat laut yang telah mengakibatkan lebih dari 1.000 kematian, termasuk perempuan dan anak-anak sipil.

Namun, pemerintah Libya baru-baru ini mencapai kemenangan yang signifikan, mendorong pasukan Haftar keluar dari Tripoli dan kota Tarhouna yang strategis.

Sumber: Anadolu Agency English

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x