Wednesday, August 12, 2020
Timur Tengah

Syekh Raed Shalah: Hagia Sophia jadi masjid adalah awal bebasnya Masjid Al-Aqsa

TURKINESIA.NET – Syekh Raed Salah, kepala gerakan Islam Palestina di Tepi Barat pada hari Kamis mengatakan bahwa pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid di Turki adalah awal dari pembebasan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam kepada wartawan selama persidangannya di kota Haifa, di mana Pengadilan Pusat menolak banding yang diajukan atas keputusannya untuk memenjarakannya.

“Saya mengkonfirmasi pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, bahwa pembukaan kembali Masjid Hagia Sophia adalah pendahuluan bebasnya kedaulatan atas Masjid Al-Aqsa yang diberkati.” Kata Syekh Salah.

Dan Jumat lalu, Pengadilan Administratif Tertinggi Turki membatalkan keputusan kabinet pada 24 November 1934, untuk mengubah Hagia Sophia dari masjid menjadi museum.

Pada hari Jumat, Erdogan mengatakan dalam sebuah pidato bahwa pembukaan kembali Hagia Sophia adalah isyarat menuju kembalinya kebebasan ke Masjid Al-Aqsa.

Pengadilan Israel memutuskan bahwa Syekh Salah akan mulai menjalani hukuman penjara 28 bulan pada 16 Agustus.

Israel melarang gerakan Islamis, dipimpin oleh Salah pada 27 November 2015.

Sheikh Salah dijadwalkan untuk mulai menjalani hukumannya pada bulan Maret, tetapi komite pembelaannya mengajukan banding terhadap keputusan Pengadilan Magistrate. Syekh Salah saat ini dikenakan tahanan rumah di bawah pengawasan ketat.

Sumber: Anadolu Agency Arabic

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x