Wednesday, August 12, 2020
Turki

Erdogan: Hagia Sophia, kamu milik kami selamanya dan kami milikmu

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Menjelang dibukanya Hagia Sophia sebagai masjid yang akan menyambut jamaah Jumat ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memposting sebuah video pendek di Twitter tentang masjid Hagia Sophia. Video tersebut diberikan judul “Hagia Sophia… Kamu milik kami selamanya dan kami telah menjadi milikmu.”

Video yang diposting oleh Presiden Turki di akun Twitter-nya pada Rabu meliputi disertai dengan klip lagu untuk Hagia Sophia yang dinyanyikan dalam sembilan bahasa yang berbeda selain Turki, termasuk Kirgistan, Bosnia, Albania, Azerbaijan, Kurdi, Arab, Bengali, dan Swahili.

Sebelumnya, Erdogan juga melakukan kunjungan mendadak untuk memantau kesiapan penyambutan jamaah shalat Jumat ini.

Selain Erdogan, pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid juga akan dihadiri banyak politisi. Kepala Diyanet (Otoritas Keagamaan) Ali Erbaş telah mengundang warga dari lingkaran politik untuk upacara pelantikan. Erbas telah mengundang para pemimpin dari lima partai politik. Partai-partai ini, selain dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Parti) yang berkuasa, oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Gerakan Nasionalis (MHP), Partai IYI (IP) dan Great Union Party (BBP). Namun, Partai Rakyat Demokratik pro-PKK (HDP) tidak diundang.

Ketua Partai MHP Devlet Bahçeli serta kepala BBP Mustafa Destici telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadiri upacara tersebut,. Namun, Ketua Partai IP, Meral Akşener, meskipun awalnya mengkonfirmasi kehadirannya, tidak akan berpartisipasi dalam upacara tersebut karena saat ini sedang menjalani karantina mandiri karena diduga terpapar virus corona.

Sumber: Tr Agency/Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x