Selasa, Oktober 19, 2021
Timur Tengah

Wapres Turki: Turki siap mengerahkan segala kemampuan untuk membantu Lebanon

TURKINESIA.NET – BEIRUT.  Fuat Oktay, Wakil Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, memastikan bahwa Turki siap membantu Lebanon  dengan segala kemampuan dan merehabilitasi ibukota Beirut serta pelabuhannya hingga kembali ke aktivitas normalnya.

Pernyataan Oktay itu disampaikannya dalam keterangan pers di kawasan pelabuhan Beirut usai pertemuannya dengan Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri, Sabtu, di sela-sela kunjungan solidaritas yang didampingi Menlu Mevlut Cavusoglu.

“Organisasi-organisasi bantuan Turki akan mulai menilai kebutuhan pada hari Senin untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada Lebanon,” tambahnya.

“Presiden Erdogan mengeluarkan perintah untuk menempatkan semua kemampuan Turki untuk membantu Lebanon.” Kata Oktay. “Badan bantuan kami TIKA [Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki] datang ke sini segera dan membawa sekitar 400 ton gandum ke pelabuhan Tripoli [di Lebanon utara] untuk membantu mengatasi kekurangan pangan. Kami juga membawa obat-obatan dan peralatan medis,” kata Oktay.

Dia mengatakan pandemi masih menjadi ancaman dan Turki akan terus mendukung untuk membatasi dampak pandemi.

“Kami juga telah mengirimkan alat pernapasan. Kami akan terus memberikan lebih banyak bantuan selama beberapa hari mendatang, “tambah wakil presiden Turki.

Ia menambahkan, “Kami melihat Lebanon sebagai negara saudara dan siap untuk mendukungnya. Kami juga akan terus mengirimkan bantuan makanan ke sana.”

“Kunjungan kami ke Lebanon seperti (cek terbuka) untuk memberikan berbagai jenis bantuan kepada saudara-saudara kami,” tegasnya. Ia menambahkan, “Kami akan berada di sisi Lebanon sampai pelabuhan Beirut kembali ke aktivitas normalnya.”

Oktay mengatakan Ankara telah memberi tahu Lebanon bahwa mereka dapat menggunakan pelabuhan Mersin Turki sampai pelabuhan Beirut dibangun kembali.

“Turki siap membantu membangun kembali pelabuhan Beirut yang rusak berat dan gedung-gedung di dekatnya,” kata wakil presiden.

Baca juga  Teroris YPG/PKK cari bantuan Israel untuk hadapi Turki

Dia menjelaskan, “Kami melihat posisi istimewa bagi Turki dan rakyatnya selama kunjungan kami, dan pelabuhan Turki Mersin dan Iskenderun akan menjadi milik Lebanon.”

Dia menunjukkan bahwa “pihak Lebanon memberi tahu kami bahwa ada kebutuhan mendesak untuk bahan bangunan, terutama kaca, dan kami telah menyatakan kesiapan kami untuk memberikan dukungan yang diperlukan.”

Ketua Parlemen Lebanon Hassan Diab mengatakan dirinya yakin Turki akan melakukan segala daya untuk membantu Lebanon melewati masa sulit ini.

Dia menambahkan bahwa duta besar Turki untuk Lebanon Hakan Cakil juga merupakan bagian dari komite krisis yang dibentuk setelah ledakan tersebut.

Pada 4 Agustus, sebuah ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, di pelabuhan kota itu, menewaskan sekitar 140 orang dan lebih dari 5.000 lainnya luka-luka, dengan jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Presiden Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Lebanon atas korban ledakan, dan diplomasi Turki menyerukan solidaritas dengan para korban ledakan yang terjadi di Beirut.

Sumber: Tr Agency/Anadolu Agency English

4.8 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x