Thursday, November 26, 2020
Wisata

Di tengah pandemi, kunjungan turis asing ke Antalya Turki capai 1 juta, paling banyak dari Ukraina

TURKINESIA.NET – ANTALYA. Jumlah turis asing yang tiba di kota resor Mediterania Turki, Antalya, telah mencapai 1 juta, terbanyak dari Ukraina.

Penerbangan internasional telah dimulai kembali ke kota tersebut setelah dipastikan sebagai tujuan liburan yang aman di tengah pandemi virus corona, jumlah wisatawan mulai melonjak.

Antara 1 Januari dan 19 Agustus, sekitar 1,08 juta turis dari 31 negara tiba di Antalya. Sementara hampir 300.000 warga Ukraina lebih menyukai kota ini untuk liburan mereka, 281.000 wisatawan datang dari Rusia, diikuti oleh 221.000 warga Jerman dan 85.000 wisatawan Inggris.

Ketua Kelompok Kerja Pariwisata Dewan Kota, Recep Yavuz, mengatakan kepada wartawan bahwa sektor pariwisata sedang mengalami salah satu periode tersulit dalam sejarah karena wabah Covid-19. Ia menambahkan, travel warning yang dikeluarkan negara merupakan kendala paling signifikan bagi sektor tersebut.

Tahun lalu, sekitar 15,5 juta wisatawan mengunjungi Antalya, mencatat rekor pariwisata sepanjang masa dengan pengunjung yang datang dari 193 negara, menurut angka resmi yang diberikan oleh otoritas provinsi.

Yavuz mengatakan Turki berhasil mempromosikan dan menerapkan Program Sertifikasi Pariwisata Aman yang menurutnya menjadi salah satu alasan wisatawan lebih memilih Antalya daripada tempat lain.

Program Sertifikasi Pariwisata Aman diluncurkan oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata serta Kementerian Perhubungan. Skema ini mencakup berbagai tindakan keselamatan terkait transportasi, akomodasi, dan kesehatan serta keselamatan wisatawan dan karyawan perhotelan.

Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi internasional ini memvalidasi pelaksanaan persyaratan kesehatan dan kebersihan yang ketat di maskapai penerbangan, bandara, dan fasilitas transportasi lainnya, serta di gerai akomodasi dan tempat makanan dan minuman.

Menurut data Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) 2019, Turki menempati urutan keenam di dunia dalam hal jumlah wisatawan dan ke-14 dalam hal pendapatan pariwisata. Sektor tersebut menyumbang sekitar 12% dari ekonomi negara.

Pendapatan pariwisata mencapai $ 34,52 miliar dan hampir 52 juta pengunjung tiba di negara itu tahun lalu, meningkat 13,7% dari 2018. Dari jumlah tersebut, warga asing merupakan 86,2% dari total dan warga negara Turki yang tinggal di luar negeri 13,8%, menurut Institut Statistik Turki ( TurkStat).

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x