Thursday, November 26, 2020
Wisata

Jelajah museum kuno terbuka di Antalya Turki

TURKINESIA.NET – WISATA. Kota resor di selatan Antalya dengan kekayaan sejarah memikat para pecinta sejarah dan turis. Kota ini digambarkan sebagai ibu kota pariwisata dengan jutaan turis lokal dan asing setiap tahun. Kota ini juga menonjol sebagai persimpangan peradaban kuno, seperti Lycia dan Pamfilia, dan merupakan tempat tinggal bagi lebih dari 50 permukiman kuno.

 

Kota kuno Patara

Patara telah menjadi sorotan sejak 2020 dideklarasikan sebagai “Tahun Patara” oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Ini adalah situs bersejarah yang tidak boleh dilewatkan oleh penggemar sejarah yang berkunjung ke Turki.

Patara berjarak 30 menit dari distrik Kaş yang mempesona pengunjung dengan pantai unik dan warisan sejarahnya. Gedung parlemen Lycian, tempat salah satu contoh sistem demokrasi pertama di dunia serta sisa-sisa mercusuar kuno adalah di antara reruntuhan paling mencolok di kota ini.

 

Kota kuno Xanthos

Sementara itu, kota kuno Xanthos yang terletak di dekat lingkungan Kınık di Kaş adalah ibu kota Lycia. Kota ini terkenal karena keberadaan monumen makam pilarnya yang unik.

Biara Sumela berusia 1700 tahun di atas bebatuan curam

Kota kuno Myra 

Gereja Saint Nicholas dibangun di kota kuno Myra untuk Saint Nicholas (atau dikenal sebagai Sinterklas) yang lahir di Patara dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di Demre yang berdekatan. Ini adalah salah satu tempat bersejarah paling menarik di wilayah tersebut. Andriake, pelabuhan Myra kuno, juga harus dikunjungi oleh pengunjung yang juga dapat melihat lebih dekat artefak di Museum Peradaban Lycian.

 

Kota Rhodiapolis

Mereka yang mampir di distrik Kumluca kota dapat mengunjungi Rhodiapolis, kota asal filantropis terkenal Opramoas dan memulai perjalanan bersejarah melalui teater, pemandian, monumen Opramoas, gereja, pekuburan, dan banyak waduk.

 

Kota kuno Arycanda

Situs lainnya yang menarik minat penggemar sejarah adalah kota kuno Arycanda. Kota ini menjadi favorit pengunjung dengan pemandian, waduk, kuburan batu, dan sarkofagus. Terletak di 30 kilometer (sekitar 18 mil) di sepanjang Jalan Finike-Elmalı, Arycanda memiliki arsitektur yang terpelihara dengan baik.

 

Kota kuno Phaselis

Kota kuno Phaselis di distrik Kemer berfungsi sebagai pelabuhan perdagangan Lycian penting lainnya. Situs-situs bekas jalan raya kota yang luas, teater dan agora juga menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan.

Balikligol-Aynzeliha “kolam dari air mata putri Namrut dan ikan dari kayu bakar Nabi Ibrahim”

Kota kuno Perge

Kota kuno Perge yang terletak di pusat kota Antalya, juga dijamin akan membuat penggemar sejarah terkesan. Kota yang terkenal dengan sarkofagus dan patung Heracles, keduanya dibawa kembali ke Turki setelah diselundupkan ke luar negeri. Kota ini menghadirkan banyak patung dan artefak kuno. Sebagian besar patung dan artefak yang digali dari Perge juga dapat dilihat di Museum Antalya.

 

Kaleici

Mereka yang berlibur di pusat kota dapat menjelajahi jalan-jalan sempit Kaleiçi yang memiliki jejak era Bizantium, Seljuk, dan Ottoman dan melihat Masjid Menara Yivli, Masjid Şehzade Korkut, tembok kota, Gerbang Hadrian, dan rumah-rumah khas Ottoman dan Yunani.

 

Kota kuno Termessos

Kota kuno Termessos yang menyerupai sarang elang karena lokasinya adalah tempat lain yang harus dikunjungi. Pengunjung dapat mengenal kota ini yang mampu melawan pasukan terbesar di masanya, yaitu Alexander Agung, berkat struktur dan lokasinya yang megah.

 

Kota kuno Side dan Aspendos

Kota kuno Side dan Aspendos adalah beberapa pemukiman yang memainkan peran penting di zaman mereka.

Side Museum adalah situs lain yang sering dikunjungi oleh penggemar sejarah. Di Kota ini terdapat reruntuhan Kuil Apollo dan menawarkan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam yang benar-benar indah.

Masjid paling dinanti di kawasan paling sekuler di Istanbul

Gua Karain, pintu gerbang ke zaman Paleolitikum

Gua Karain di pusat kota membawa pengunjungnya dalam perjalanan menuju era Paleolitikum. Kapak tangan berumur puluhan ribu tahun telah digali di dalam gua. Juga terdapat sisa-sisa hewan seperti badak, gajah dan kuda nil.

Sebagian besar temuan yang digali di dalam gua dipajang di Museum Antalya, menjadi pemandangan langka bagi mereka yang penasaran tentang era pertama sejarah manusia.

Nevzat Çevik, anggota fakultas Departemen Arkeologi Universitas Akdeniz, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa sangat sedikit daerah yang memiliki kekayaan seperti Antalya.

Ia menunjukkan bahwa sejarah Antalya berawal sekitar 500.000 tahun.

“Antalya memamerkan kisah-kisah monumental dari setiap ribuan tahun dari kehidupan prasejarah di Karain hingga pemandangan protohistoric di pegunungan Lycia, orang dapat melihat jejak klasik, Helenistik, Romawi, Seljuk dan periode Ottoman sama. Peninggalan berkala ini tumpang tindih di banyak tempat, membentuk kekayaan berlapis,” kata Çevik.

Ia menekankan bahwa Antalya adalah salah satu tempat yang harus dilihat oleh para penggemar sejarah.

“Tempat ini menawarkan banyak ahli dan profesional untuk penelitian. Di luar perannya sebagai kota, ini adalah tempat berbeda yang harus dilihat berkat peninggalan arkeologis dan lingkungan alamnya yang indah. Ada kota Pamfilia kuno seperti Perge dan kota Lycian kuno seperti Phaselis, Olympos, Limyra dan Myra. Wilayah Pisidia yang luas juga patut diperhatikan, sementara terdapat ratusan pemukiman menengah dan kecil di wilayah yang sama. Kami terus-menerus membuat penemuan baik di darat maupun di laut.”

Yeliz Gül Ege, direktur Yayasan Promosi Antalya, menyatakan bahwa Antalya terletak di wilayah di mana peradaban telah menetap selama ribuan tahun dan kota itu mengundang semua orang untuk menikmati apa yang tertinggal di belakangnya.

Ishak Pasha: Sebuah istana Ottoman di bukit Anatolia

Saat membahas acara dan kegiatan yang dijalankan oleh yayasan, Ege berkata: “Berdasarkan fakta bahwa pariwisata adalah transfer budaya, kami memberi tahu tamu dari luar negeri bahwa mereka dapat menemukan masa lalu mereka sendiri di Antalya dan mengenal peradaban ini.”

Ia menekankan bahwa Antalya adalah destinasi unik di mana budaya, sejarah, alam, dan laut saling terkait. Ege menambahkan bahwa hanya ada sedikit kota di dunia dengan karakteristik yang sama.

 

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x