Friday, October 30, 2020
Teknologi

Erdogan: Turki dukung pemuda untuk capai tujuan di bidang teknologi

TURKINESIA.NET – GAZIANTEP. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu mengatakan bahwa Turki telah membuat banyak langkah di bidang teknologi dan untuk mencapai tujuannya membutuhkan generasi muda, produktif dan bertekad.

“Kami akan terus mendukung Anda dengan infrastruktur kuat yang telah kami bangun, dengan dukungan yang kami berikan, dan dengan acara seperti TEKNOFEST.”

Pernyataan tersebut disampaikan dalam pidatonya ketika menghadiri festival Teknofest 2020. Teknofest merupakan acara kedirgantaraan dan teknologi terbesar di Turki yang menampilkan teknologi inovatif dari kecerdasan buatan (AI) hingga blockchain dan Internet of Things (IoT), berlangsung di Gaziantep selama empat hari yang dimulai pada Kamis dan berakhir pada Minggu.

Erdogan mengatakan Teknofest merupakan wadah kaum muda yang ingin menunjukkan kemampuannya di bidang teknologi seperti roket, robotik, dan kedirgantaraan.

“Tidak ada virus atau ancaman yang dapat menghentikan kreativitas anak muda, modal terpenting teknologi adalah otak yang produktif, dan Turki membutuhkan orang-orang muda yang sukses untuk mencapai tujuannya,” tambah dia.

Tim robotika Indonesia raih juara pertama di Teknofest Istanbul, Erdogan serahkan langsung penghargaan

“Kami tidak mengatakan semuanya ideal, tetapi kami bertekad untuk mendukung kalian,” kata Erdogan.

“Kami mengatasi kekurangan, memperbaiki kesalahan, memenuhi kebutuhan, dan menghilangkan rintangan selama kalian tidak berhenti berusaha untuk mewujudkan impian.”

Erdogan menjelaskan bahwa “Turki telah menempati tempat di antara sedikit negara di dunia dalam bidang drone, dan kami yakin akan mencapai kesuksesan yang sama di bidang mobil dan mobil terbang.”

“Selama beberapa dekade terakhir Turki tidak memiliki industri penerbangan. Namun sekarang Turki termasuk di antara sedikit negara di dunia yang membuat UAV atau pesawat tanpa awak.”

Erdogan mengingatkan para pemuda akan pengorbanan para leluhur “nenek moyang kita yang memberikan jiwa mereka untuk menjadikan tanah ini rumah bagi kita selama lebih dari seribu tahun dan membuat lusinan pengorbanan untuk memberi Anda kesempatan sukses untuk saat ini dan masa depan.”

Dia mengatakan sekitar 20.000 tim dan 100.000 anak muda dari 84 negara mendaftar untuk mengikuti kompetisi Teknofest tahun ini.

Ternyata ada peran 8 pemuda Indonesia di balik penemuan cadangan gas raksasa Turki di Laut Hitam

Erdogan juga membagikan penghargaan kepada tim juara di kompetisi Teknofest di beberapa daerah.

Kamis lalu, Turki mengumumkan pembukaan festival “Teknofest” ketiga.  Jika dua penyelenggaraan Teknofests sebelumnya dihadiri banyak pengunjung, pameran tahun ini tidak menerima pengunjung karena pandemi virus corona. Sebelumnya Teknofest diadakan di kota metropolitan Istanbul dan berbagai kota di Turki. Acara tahunan itu semula digelar pada April, tetapi ditunda karena pandemi.

Teknofest tahunan ketiga tahun ini menampilkan kompetisi dengan banyak kategori berbeda, seperti inovasi bioteknologi, pertanian, lingkungan dan energi, transportasi, pendidikan, desain helikopter, dan desain mesin jet.

Sumber: Anadolu Agency/Tr Agency/Turkish Presidency

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x