Tuesday, October 27, 2020
Bangsa Turk

Erdogan: Dunia diam, Azerbaijan terpaksa bertindak sendiri melawan serangan Armenia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Azerbaijan dipaksa untuk mengambil tindakan sendiri dalam menanggapi serangan dahsyat Armenia, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan ketika Baku melancarkan operasi militer di daerah Nagorno-Karabakh yang diduduki setelah bertahun-tahun agresi Yerevan, tetangganya.

Berbicara di Simposium Hukum Maritim Internasional dan Mediterania Timur, Erdogan mengatakan Azerbaijan telah menjadi korban kekerasan selama tiga dekade terakhir, sementara komunitas internasional telah bersikap diam ketika Armenia terus menyerang.

“Saya mengutuk Armenia sekali lagi karena menyerang tanah Azerbaijan. Ini adalah waktu untuk mengakhiri krisis yang dimulai dengan pendudukan Nagorno-Karabakh,” kata Erdogan.

Azerbaijan: Armenia sewa tentara bayaran dari Suriah dan Timteng untuk sembunyikan kerugian

Dia menggarisbawahi bahwa perdamaian akan pulih di wilayah tersebut jika Armenia menghentikan serangan terhadap Azerbaijan dan meninggalkan Nagorno-Karabakh yang diduduki.

Presiden mengatakan perkembangan terakhir telah memberi semua negara di kawasan kesempatan untuk menggunakan metode solusi yang realistis dan adil dan Turki berharap mereka memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Erdogan mengkritik Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) Trio Grup Minsk – yang mencakup AS, Rusia, dan Prancis – karena gagal menemukan solusi untuk masalah yang telah berlangsung selama tiga decade. Erdogan mengatakan group itu tidak punya inisiatif dan tidak efektif.

“Mereka hampir melakukan segala kemungkinan untuk tidak menyelesaikan masalah, dan sekarang mereka memberikan nasihat dan kadang-kadang mengancam,” kata Erdogan. Ia menambahkan bahwa meskipun mereka mempertanyakan kehadiran dan dukungan militer Turki untuk Azerbaijan, mereka telah mengirimkan ribuan truk penuh senjata ke Suriah.

Azerbaijan umumkan negara dalam keadaan perang dan mobilisasi militer

Menyoroti bahwa komunitas internasional telah memilih bersikap diam meskipun mereka mengakui fakta bahwa Nagorno-Karabakh diduduki oleh Armenia, Erdogan mengatakan tidak ada negara yang meminta pertanggungjawaban Yerevan atas kejahatannya yang telah membuat lebih dari satu juta orang mengungsi di daerah tersebut.

Ankara menegaskan kembali dukungannya kepada Azerbaijan dalam menghadapi agresi Armenia Minggu pagi. Kementerian Luar Negeri Turki dan banyak pejabat menyatakan dukungan kokoh kepada negara persaudaraan Turki itu.

Pertempuran besar Azerbaijan-Armenia meletus, Turki: Kami dukung penuh Azerbaijan

Kedua negara bekas Soviet itu telah lama terlibat konflik atas wilayah Azerbaijan Nagorno-Karabakh yang berada di bawah pendudukan Armenia secara illegal. Bentrokan perbatasan semakin meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Etnis Armenia di Nagorno-Karabakh mendeklarasikan kemerdekaan mereka selama konflik yang pecah ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.

Meskipun gencatan senjata disepakati pada tahun 1994, Baku dan Yerevan sering saling menuduh melakukan serangan di sekitar Nagorno-Karabakh dan di sepanjang perbatasan Azerbaijan-Armenia yang terpisah.

Sumber: Daily Sabah

Menhan: Turki memberikan dukungan penuh kepada Azerbaijan

4.8 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x