Friday, October 30, 2020
Bangsa TurkTeknologiTerpopuler

Presiden Azerbaijan akui kehebatan drone Turki di medan perang

TURKINESIA.NET – BAKU. Azerbaijan untuk pertama kalinya mengakui bahwa mereka telah menggunakan drone bersenjata produksi Turki untuk menyerang target Armenia di Nagorno-Karabakh.

“Berkat drone Turki canggih yang dimiliki oleh militer Azerbaijan, korban kami di garis depan berkurang,” kata Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dalam wawancara yang disiarkan televisi pada hari Senin dengan saluran berita Turki TRT Haber.

“Drone ini menunjukkan kekuatan Turki. Itu juga menguntungkan kami.”

Pertempuran sengit meletus pekan lalu antara Azerbaijan dan pasukan Armenia di Nagorno-Karabakh, daerah pegunungan yang disengketakan, dan bentrokan sedang berlangsung. Korban berjatuhan di kedua sisi.

Beberapa pengguna media sosial, termasuk akun Twitter bernama Clash Report yang dianggap dekat dengan negara Turki, berspekulasi bahwa drone itu adalah Bayraktar TB2, jenis yang sama yang telah digunakan Turki untuk melawan persenjataan Rusia di Idlib Suriah dan Libya.

Drone Turki digunakan Azerbaijan menghajar Armenia, Kanada boikot teknologi militer untuk Ankara

Aliyev dalam pidatonya yang sama, mengatakan Baku bermaksud untuk mengubah militernya dan meniru tentara Turki dalam organisasi dan kekuatannya.

Militer Turki dan Azerbaijan baru-baru ini melakukan latihan bersama pada bulan Agustus, di mana para perwira Turki berbagi pengalaman dan keahlian yang telah mereka kembangkan dalam beberapa tahun terakhir dalam konflik Suriah dan Libya. Beberapa orang di Ankara berspekulasi bahwa Turki meninggalkan beberapa staf militernya di sana untuk terus mendukung militer Azerbaijan.

Sumber Turki mengatakan kepada Defense News pada bulan Juni bahwa Azerbaijan tertarik untuk membeli drone Bayraktar TB2. Sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Middle East Eye bahwa pesanan itu untuk enam unit.

Financial Times mengungkapkan bahwa program pesawat tanpa awak (UAV) Turki menjadikan negara itu sebagai kekuatan drone yang sedang berkembang.

Hebat di medan tempur, drone Turki laris manis, Ukraina akan borong 48, Serbia juga tertarik

Harian Inggris yang berbasis di London itu menulis bahwa drone produksi Turki kini menjadi saingan kuat bagi program drone produksi Amerika Serikat (AS), Israel, dan China.

Media Inggris itu mengungkapkan bahwa militer Azerbaijan telah menerbitkan rekaman drone bersenjata buatan Turki yang menghantam sejumlah posisi militer, menyerang sistem pertahanan udara, unit artileri, dan tank milik tentara Armenia.

Harian itu juga menyebut industri drone Turki yang berkembang adalah puncak dari upaya negara itu selama dua dekade untuk meningkatkan produksi pertahanan guna mengurangi ketergantungan Turki pada pembelian senjata dari Barat.

Mengenal Selçuk Bayraktar, Bapak Drone Turki

Drone Turki itu kini telah digunakan di lima zona konflik asing dalam beberapa tahun terakhir, yakni di langit Suriah, Libya, Irak utara, dan Mediterania Timur, dan terakhir di Nagorno-Karabakh tanah Azerbaijan yang diduduki Armenia.

Sumber: Middle East Eye/Anadolu Agency

4.5 18 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
10 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Muhammad Nur
Muhammad Nur
20 days ago

Hebatnya Turki karena Presidennya punya prinsip kuat untuk Berdikari, tidak ngutang2 terus sama barat…..

Sera
Sera
20 days ago

Semoga pemerintah kita juga tertarik untuk mengembangkan drone bersama Turki

Irfan
20 days ago

Harusnya Indonesia juga seperti turki punya prinsip dan konsep yg jelas dalam bernegara….liat sekarang rakyat pun bisa menilai.

Diman
Diman
20 days ago

Indonesia harus mencontoh turki, iran.. mengubah tekanan jd kekuatan tekad dan peluang,, jangan malah mandep mandep ketakutan..

joyazt
20 days ago

indonesia itu ga akan bisa nyusul.. negara yang berkembaang dengan pertahanannya. kekuatanya..
kebnyakan utang untuk pembangnunan…

Wong edan
Wong edan
20 days ago

Indonesia gak akan maju selama kaum2 kadal gurun selalu menajdi biang kerok dan provokator demo

Kapir_tolol
Kapir_tolol
19 days ago
Reply to  Wong edan

Kek ginilah komen hasil revolusi mental pki apa yg keluar dari mulut sm p*nt*t sm aja sm2x kotoran krn si kodok dan si cebong sm2x tinggal di comberan hahaha, kacian deh lo

Muhammad miftahudin
Muhammad miftahudin
19 days ago

Pemerintah indonesia hoby nya ngumpulin harta makan makan (botram) dan poya2 terus menindas dan tdk peduli rakyat nya dan bikin masalah propaganda dgn kaum muslim, dan orang2 indo nya jadi kebarat baratan, jika nu nya wae, padahal barat2 kerdil. Tdk ada cita2 untuk menjadi negara super power bisa nya mengekor pada asing dan aseng.

Last edited 19 days ago by Muhammad miftahudin
arnoldusdembo
arnoldusdembo
19 days ago

indonesia tanpa konflik…bangga jadi nkri aman.sunda

trackback

[…] Presiden Azerbaijan akui kehebatan drone Turki di medan perang […]

error: Content is protected !!
10
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x