Selasa, Oktober 19, 2021
Ekonomi

Turki temukan lagi cadangan gas alam, jumlahnya akan diumumkan oleh Erdogan Sabtu mendatang

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Rabu mengatakan akan mengumumkan angka baru untuk cadangan gas yang ditemukan Turki di Laut Hitam. Kabar baik tersebut akan diumumkan ketika  presiden mengunjungi kapal pengeboran minyak dan gas pertama Turki, Fatih, pada hari Sabtu mendatang.

Pada bulan Agustus, Erdoğan mengumumkan penemuan ladang 320 miliar meter kubik di Laut Hitam. Dalam pidatonya saat itu, Erdogan mengatakan bahwa dia akan mengungkapkan jumlah cadangan gas lainnya.

“Dengan pergi ke kapal latihan Fatih kita pada hari Sabtu, kami akan menyaksikan secara pribadi upaya di lokasi dan mengumumkan jumlah cadangan baru,” katanya kepada kelompok parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa di ibu kota Ankara.

Kapal Fatih telah membuat negara “sangat senang” dengan penemuan gasnya, kata Erdogan.

Dia menambahkan lebih banyak kabar baik tentang cadangan gas alam akan datang dari aktivitas kapal yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Pernyataan presiden tersebut menyusul laporan baru-baru ini bahwa Turki sedang bersiap untuk merevisi perkiraan penemuan gasnya di Laut Hitam.

Turki pada bulan Agustus mengumumkan penemuan gas alam terbesarnya, ladang 320 miliar meter kubik di Laut Hitam yang menurut Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai bagian dari cadangan yang lebih besar dan dapat mulai beroperasi pada tahun 2023.

Kapal pengeboran Fatih menemukan ladang gas sekitar 100 mil laut di utara pantai Turki. Ladang gas tersebut terletak di lokasi Tuna-1 Lapangan Gas Sakarya di Laut Hitam.

Pemerintah Turki akan mengungkapkan “revisi yang cukup besar” untuk perkiraan awal, kata sumber yang mengetahui langsung tentang rencana tersebut kepada Bloomberg pada hari Jumat.

Baca juga  Esok, Erdogan akan umumkan kabar gembira tentang penemuan gas alam di Laut Hitam

Turki saat ini mengimpor hampir semua kebutuhan energinya dan penemuan ini akan membantu menurunkan defisit akun saat ini.

Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Fatih Dönmez dalam beberapa kesempatan mengatakan data menunjukkan lebih banyak gas alam akan ditemukan karena pengeboran berlanjut lebih dalam di bawah dasar laut.

Seorang pejabat senior kementerian energi pada bulan September mengatakan bahwa Turki berharap untuk mengumumkan penemuan baru tersebut pada bulan Oktober.

Sumber: Daily Sabah

5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x