Friday, October 30, 2020
Tokoh

Ödön Szechenyi, bangsawan Hungaria pelopor pemadam kebakaran modern Ottoman

TURKINESIA.NET – TOKOH. Hanya sedikit orang yang tahu nama pangeran Ödön Szechenyi tetapi pada masanya, bangsawan Hungaria itu mendapatkan dukungan di istana Ottoman dan diangkat sebagai pasha atas upayanya dalam mereformasi pemadam kebakaran Istanbul, yang saat itu menjadi ibu kota Ottoman.

Ödön Szechenyi yang meninggal di Istanbul pada tahun 1922 dan dimakamkan di sana, juga berjasa dalam mereformasi pemadam kebakaran Budapest. Pekerjaan teladannya di Budapest menarik perhatian Ottoman. Sultan Ottoman mengundangnya ke kesultanan untuk mendirikan pemadam kebakaran yang tepat bagi kota yang baru dilanda kebakaran pada saat itu.

Ödön Szechenyi, seorang perwira marinir yang tertarik pada dunia pemadam kebakaran, dilatih di London sebelum kembali ke tanah airnya dan memimpin dalam memodernisasi pemadam kebakaran di Hongaria pada tahun 1870.

Empat tahun kemudian, dia dipilih oleh seorang sultan Ottoman untuk memimpin upaya reformasi pemadam kebakaran Istanbul. Dia mendirikan unit pemadam kebakaran baru dan mendirikan hierarki baru di departemen pemadam kebakaran.

Szechenyi menjabat baik sebagai direktur unit pemadam kebakaran serta petugas pemadam kebakaran sendiri. Dia dihargai karena telah meringankan petugas pemadam kebakaran. Sebelumnya, para petugas membawa peralatan di pundak mereka kemudian beralih menggunakan kendaraan untuk respons yang lebih cepat. Ödön Szechenyi juga mengembangkan beberapa proyek untuk mengatasi sumber kebakaran di seluruh kota.

Ödön Szechenyi sekarang diakui sebagai pelopor pemadam kebakaran modern. Ia dihormati dengan sebuah plakat bertuliskan namanya yang digantung di Museum Pemadam Kebakaran kota Istanbul.

Kepala Brigade Pemadam Kebakaran Hongaria, Tibor Dobson, mengatakan Szechenyi telah berkorban untuk kedua negara, dan plakat itu akan menjadi tanda persahabatan untuk departemen pemadam kebakaran Turki dan Hongaria.

Pejabat dari Konsulat Hongaria di Istanbul termasuk Wakil Konsul Jenderal Veronika Lakatos, direktur Pusat Kebudayaan Hongaria Gabor Fodor dan Kota Metropolitan Istanbul (İBB), termasuk Direktur Pemadam Kebakaran Remzi Albayrak menghadiri upacara di museum pada hari Rabu memperingati  Ödön  Szechenyi.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x