Friday, October 30, 2020
Kontra-teror

Intelijen Turki tangkap agen UEA yang memata-matai warga Arab

TURKINESIA.NET – ANKARA. Pejabat intelijen Turki telah menangkap pria lainnya yang diduga bekerja untuk Uni Emirat Arab dalam memata-matai warga negara Arab di Turki, kata seorang pejabat keamanan senior, Jumat.

Tersangka telah mengaku, kata pejabat itu kepada Reuters, meminta nama tahanan tersebut agar dirahasiakan.

Tersangka terakhir melakukan perjalanan ke Turki menggunakan paspor non-UEA dan telah mengaku melakukan kegiatan spionase. Ia memberikan “kumpulan dokumen” yang membuktikan afiliasinya dengan dinas intelijen UEA.

Tidak ada reaksi langsung dari otoritas UEA.

Hubungan antara Turki dan UEA telah mencapai titik terendah sepanjang masa, karena Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan baru-baru ini mengumumkan bahwa Ankara dapat menangguhkan hubungan diplomatiknya dengan pemerintah Abu Dhabi sebagai tanggapan atas kesepakatan antara UEA dengan Israel baru-baru ini.

Pejabat Turki mencatat bahwa UEA mendukung organisasi teroris yang menargetkan Turki dan telah menjadi alat politik dan militer yang berguna bagi negara lain.

Sebelumnya pada bulan Agustus, Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) mengungkapkan bahwa UEA, bekerja sama dengan Israel, akan mencoba dan mengguncang Turki, Iran, dan Qatar. MIT menyatakan bahwa Muhammad Dahlan, mata-mata UEA yang diburu, mempertahankan kontak dengan jaringan yang baru-baru ini didirikan di Turki. Ia melayani tujuan ini dengan menyalurkan dana ke organisasi media tertentu anti-Turki.

Tahun lalu, Turki juga mengungkapkan bahwa jaringan mata-mata Emirat telah beroperasi di seluruh wilayah Turki.

Dahlan memiliki jaringan media di UEA, Mesir, dan Yordania.

Pada bulan Desember, Turki menambahkan Dahlan ke daftar teroris yang paling dicari karena hubungannya dengan Gülenist Terror Group (FETÖ) dan perannya dalam upaya kudeta 15 Juli 2016 yang menyebabkan kematian 251 orang.

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x