Friday, October 30, 2020
Bangsa Turk

Rudal Armenia targetkan warga sipil di kota besar Azerbaijan, 13 tewas, puluhan luka-luka

TURKINESIA.NET – BAKU. Tiga belas warga sipil tewas dan lebih dari 40 lainnya terluka dalam serangan rudal Armenia dini hari di kota Ganja, kota terbesar kedua di Azerbaijan, kata kantor kejaksaan Azerbaijan, Sabtu.

Kantor kejaksaan mengatakan sebuah daerah pemukiman di Ganja, bermil-mil jauhnya dari Nagorno-Karabakh yang diduduki, diledakkan oleh serangan rudal dan sekitar 20 gedung apartemen telah dihantam.

Kantor kejaksaan mengatakan bahwa Armenia juga menembakkan rudal ke kota Mingechavir tetapi sistem pertahanan udara Azerbaijan berhasil menjatuhkannya.

Ajudan presiden Azerbaijan Hikmet Hajiyev menggambarkan serangan itu “tanpa pandang bulu.”

“Seruan yang tidak bermoral untuk gencatan senjata kemanusiaan harus dilihat sebagai kejahatan perang di pihak Armenia,” katanya.

Dalam serangkaian cuitan Twitter, Hajiyev mengatakan bahwa Armenia telah melancarkan serangan untuk menyerang “warga sipil di kota-kota Azerbaijan dengan cara yang berbahaya dan kejam” di belakang pengiriman  sistem rudal baru yang telah dibawa ke negara itu baru-baru ini.

Petugas penyelamat dan sukarelawan sedang menggali puing-puing di daerah sasaran untuk menyelamatkan mereka yang terkubur dalam serangan itu. Satu anak dikabarkan meninggal di rumah sakit setelah dilarikan dari tempat kejadian.

Omer Celik, Juru Bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa di Turki mengutuk serangan terhadap Ganja. Ia menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan tidak akan luput dari hukuman. Ia juga menyerukan kecaman “atas nama kemanusiaan dan hukum” terhadap Armenia.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x