Thursday, November 26, 2020
Bangsa Turk

Erdogan: Turki memiliki hak seperti Rusia dalam solusi Nagorno-Karabakh

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki memiliki hak untuk terlibat dalam solusi Nagorno-Karabakh seperti halnya Rusia, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Jumat, seraya menambahkan bahwa ia berharap kedua negara dapat bekerja sama untuk tujuan itu.

Nagorno-Karabakh telah mengalami pertempuran sengit selama beberapa pekan terakhir yang telah merenggut nyawa 600 orang, termasuk warga sipil. Wilayah tersebut dianggap oleh PBB dan hukum internasional sebagai bagian dari Azerbaijan.

Azerbaijan sejauh ini telah membebaskan lebih dari 20 desa di Nagorno-Karabakh sejak bentrokan antara pasukan Armenia dan Azerbaijan pada akhir September.

Bentrokan dimulai pada 27 September ketika pasukan Armenia menargetkan pemukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah tersebut yang menyebabkan korban jiwa.

Dari 27 September hingga 14 Oktober, setidaknya 43 warga sipil Azerbaijan kehilangan nyawa dan lebih dari 200 lainnya terluka, kata kantor kejaksaan negara itu.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet, Azerbaijan dan Armenia terus memanas sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh. Sekitar 20% wilayah Azerbaijan tetap di bawah pendudukan ilegal Armenia selama hampir tiga dekade.

Berbicara kepada wartawan setelah salat Jumat di Istanbul, Erdogan juga menyebutkan gencatan senjata Libya yang baru-baru ini ditandatangani, menandakan bahwa itu tampaknya tidak terlalu menjanjikan.

“Kesepakatan gencatan senjata di Libya tidak dilakukan pada tingkat tertinggi. Waktu akan menunjukkan seberapa lama itu akan berlangsung seperti pada tingkat yang lebih rendah,” katanya.

Pihak Libya yang bertikai menandatangani perjanjian untuk “gencatan senjata permanen di semua wilayah Libya,” kata misi Perserikatan Bangsa-Bangsa Libya dalam sebuah postingan Facebook pada hari Jumat, menunjukkan video langsung dari upacara penandatanganan perjanjian di Jenewa.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
1 month ago

👍👍👍👍 PM ERDOGAN🇹🇷

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x