Thursday, November 26, 2020
Bangsa Turk

Erdogan beri tahu Putin: 2000 teroris PKK bertempur untuk Armenia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Setidaknya 2.000 teroris PKK berperang bersama Armenia melawan Azerbaijan selama bentrokan baru-baru ini di wilayah Nagorno-Karabakh yang diduduki, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan, Rabu.

Selama pertemuan kelompok parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa di Ankara, Erdogan mengatakan “saya mengatakan kepada Tuan Presiden (Putin), kami telah mengidentifikasi, melalui sumber intelijen, bahwa ada sekitar 2.000 teroris PKK yang berperang untuk Armenia saat ini dengan bayaran 600 USD ( 4.978 TL). Mister Presiden (Putin) mengatakan dia tidak mengetahui hal itu.”

“Saya telah memberi tahu Putin bahwa jika garis merah kami dilanggar, kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan,” tambahnya.

Turki tulus dalam upayanya untuk menyelesaikan konflik Nagorno-Karabakh dan percaya pada ketulusan Rusia, kata Erdogan, seraya menambahkan bahwa dia telah memberi tahu Putin bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah ini bersama.

Gencatan senjata kemanusiaan sementara terbaru yang ditengahi AS antara Azerbaijan dan Armenia diumumkan hari Minggu dan berlaku pada pukul 8 pagi waktu setempat (0400 GMT) hari Senin.

Sejak bentrokan meletus pada 27 September, Armenia berulang kali menyerang warga sipil dan pasukan Azerbaijan, bahkan melanggar tiga gencatan senjata kemanusiaan sejak 10 Oktober. Hingga saat ini sedikitnya 65 warga sipil Azerbaijan tewas, dan 297 lainnya luka-luka.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Empat resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan dua dari Majelis Umum PBB (UNGA) serta organisasi internasional menuntut “penarikan pasukan pendudukan segera, lengkap dan tanpa syarat” dari wilayah Azerbaijan yang diduduki.

Sumber: Daily Sabah

 

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x