Tuesday, November 24, 2020
Tahukah Anda?

Beberapa gempa dahsyat yang pernah mengguncang Turki

TURKINESIA.NET – TAHUKAH ANDA. Gempa kuat 6,6 telah melanda wilayah pesisir Turki di Izmir dan Yunani pada hari Jumat. Pusat gempa berasal dari Laut Aegea. Dampaknya terasa di pulau-pulau di seberang garis pantai Turki dan sejauh Istanbul, kota terbesar di Turki.

Pihak berwenang pada Minggu mengatakan 60 orang tewas dan lebih dari 900 lainnya terluka. Angka itu kemungkinan akan direvisi naik seiring berjalannya waktu dan operasi pencarian-penyelamatan terus berlangsung.

Turki secara geografis berada di daerah seismik dengan negara di antara garis patahan Anatolia Utara melalui keseluruhan daratan dan garis patahan Anatolia Timur melalui bagian selatan negara itu.

Gempa bumi pertama yang tercatat di tempat yang sekarang menjadi Republik Turki adalah  2003 tahun lalu. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, telah terjadi beberapa gempa bumi dahsyat yang telah menyebabkan ribuan orang tewas dan dampak yang berkepanjangan di negara itu.

Berikut gempa bumi besar yang melanda Turki:

Erzincan, 27 Desember 1939

Menimpa kota pada 1:57 pagi saat sebagian besar penduduknya sedang tidur. Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter itu menewaskan hampir 33.000 penduduk.

Banyak yang meninggal karena gempa bumi terjadi di tengah musim dingin dan badai salju serta banjir yang mengakibatkan kota itu tidak dapat dihuni. Kota itu ditinggalkan oleh penduduknya dan dibangun kembali di utara.

Wilayah ini mengalami lebih banyak gempa bumi berkekuatan 7 dan Turki mulai mengadopsi peraturan bangunan dalam upaya meningkatkan keamanan bangunan.

 

Bolu-Gerede, 1 Februari 1944

Gempa kuat tersebut berkekuatan 7,4 skala Richter dan mengakibatkan efek knock-on di kota-kota lain di sepanjang garis patahan Anatolia.

Gempa yang terjadi pada pukul 5:22 pagi ini menewaskan 2.790 orang dan 50.000 rumah hancur atau rusak berat.

 

Bingol, 22 Mei -1971

Bingol hampir hancur setelah gempa berkekuatan 6,9 skala Richter terjadi pada pukul 18:44 di kota timur Turki. Lebih dari 90 persen bangunan hancur menyebabkan sebagian besar penduduk kehilangan tempat tinggal dan hampir 1.000 orang tewas.

 

Izmit, 17 Agustus – 1999

Gempa berkekuatan 7,6 melanda kota Izmit, 90 km tenggara Istanbul pada 3:01 waktu setempat. Wilayah sekitarnya adalah salah satu kawasan industri terpenting di Turki.

Gempa ini menyebabkan lebih dari 17.118 tewas, 50.000 terluka dan lebih dari 500.000 orang kehilangan tempat tinggal. Bahan bangunan yang buruk dianggap sebagai salah satu faktor tingginya angka kematian.

Kerugian ekonomi diperkirakan sekitar 6,5 miliar USD.

Van, 23 Oktober – 2011

Dianggap sebagai salah satu gempa bumi terbesar yang pernah dialami Turki dalam beberapa tahun terakhir, dengan kekuatan 7,2 skala Richter.

Gempa tersebut menyebabkan 640 orang tewas dan hampir 2.000 orang terluka.

 

Elazig, 24 Januari 2020

Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter melanda kota timur Turki awal tahun ini yang menewaskan 41 orang dan melukai lebih dari 1.600 orang.

Lebih dari 400 tim pencarian dan penyelamatan dikirim oleh Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki ke wilayah tersebut. Kementerian Dalam Negeri Turki, militer, dan Bulan Sabit Merah dimobilisasi dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

Sumber: TRT World

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x