Tuesday, November 24, 2020
Ekonomi

Atas keputusan Erdogan: Turki lunasi hutang Somalia untuk IMF

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki memutuskan untuk menggunakan dana cadangannya di kas Dana Moneter Internasional (IMF) untuk membayar hutang Somalia yang sudah jatuh tempo.

Keputusan ini dikeluarkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan diterbitkan oleh lembaran resmi pemerintah pada Kamis

Keputusan tersebut menyatakan bahwa “Turki akan menggunakan uang tunai dalam cadangan Dana Moneter Internasional dengan nilai akumulasi saham 2,3 juta (setara dengan sekitar 3,5 juta dolar) di rekening (hak) Penarikan Khusus) untuk membayar hutang yang terakumulasi terhadap Somalia kepada Dana Moneter Internasional ”.

Keputusan yang bertajuk “Perjanjian Internasional” tersebut menambahkan bahwa “perjanjian hibah tanggal 5 Oktober berlaku dalam ruang lingkup Undang-Undang No. 4749 terkait pengaturan keuangan publik dan pengelolaan utang.

Sementara itu, Menteri Kehakiman Somalia Abdulkadir Mohamed Nur berterima kasih kepada presiden Turki atas dukungannya yang terus berlanjut ke Somalia

“Terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada Recep Tayyip Erdogan atas dukungannya yang berkelanjutan kepada Somalia, terutama untuk reformasi ekonomi yang mengakibatkan Turki menghapus uang utang IMF di Somalia, dikurangi dari uang yang dipinjam ke Turki oleh IMF. Turki tetap menjadi sekutu yang kuat bagi kemajuan Somalia, kata Menteri Nur di Twitter.

Perlu diketahui bahwa dukungan Turki untuk Somalia tidak terbatas pada bantuan keuangan saja, selama beberapa tahun terakhir, Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan, bantuan medis hingga militer bagi Somalia, terutama selama periode pandemi Covid-19.

Turki telah mencapai kesuksesan besar dalam hal pembayaran kembali utangnya kepada Dana Moneter Internasional, menjadikannya sebagai salah satu dari 11 negara di dunia yang telah mampu “membekukan” hutangnya ke IMF tepat waktu, sejak tahun 2000, dan berhasil pada tahun 2013 ketika Recep Tayyip Erdogan menjabat sebagai kepala pemerintah saat itu.

SDR adalah aset cadangan internasional yang dibuat oleh Dana Moneter Internasional pada tahun 1969 untuk melengkapi aset resmi negara anggota. Nilai aset ini ditentukan berdasarkan sekeranjang empat mata uang internasional utama, dan dapat ditukar dengan salah satu mata uang yang dapat diperdagangkan secara bebas.

Sumber: Tr Agency

4.3 102 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
66 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
17 days ago

👍👍👍👍 PM ERDOGAN 🇹🇷.. membuat aku makin hari sangat kagum sama beliau.. semoga Indonesia punya pemimpin sperti ERDOGAN.. berani, jujur, tegas, adil, menjunjung tinggi nilai HAM. yg peduli dengan kemanusiaan yg tertindas, dan tidak munafiq sprti saat ini kebanyakan PM negara Islam banyak yg munafiq.. bravo PM ERDOGAN 🇹🇷 jayalah selamanya Turki 🇹🇷 amin

AZHARI HARUN
AZHARI HARUN
17 days ago

Ammin!!

Waksurdijuek
Waksurdijuek
17 days ago

I.like your comment brother

Iman
17 days ago

Ammmiiiinnnnnn

Baharudin
Baharudin
17 days ago

Aamiin

Sid matsuda
Sid matsuda
16 days ago

Ini bermula dengan mntality pemikiran rakyatnya yg maju..bukn maju dgn ikot barat..tp maju pemikiran ilmu..demo2 yg kolot mmbuang masa..tidak suka dipuji manusia..100 % mentality mereka ke dpan bukn mcm indonesia yg selalu berbangga2 dgn perkara yg tidak mendatangkan apa2..berpuluh2 tahun pon tetap bgitu lah pemikirannya..sentiasa sebarkan hoax..

Its me
Its me
16 days ago
Reply to  Sid matsuda

Sid matsuda..
Demonstrasi merupakan kebebasan berbicara,pemerintah harus tetap di kontrol,,bukankah itu demokrasi??!! Urus saja negara anda sendiri..

Beyza
Beyza
16 days ago

Kamu ingin Indonesia di pimpin seperti Erdoğan, mending kamu tinggal aja dulu di turki dan kamu akan tau bagaimana rasanya dipimpin oleh erdoğan. Jangan selalu membandingkan pemimpin di negri sendiri dengan pemimpin negara lain jika kamu nggak tau apa2 tentang negara yang pemimpinnya kamu banggakan itu.

Arso
Arso
16 days ago
Reply to  Beyza

Gak gitu juga kali. Maksudnya karakternya seperti Erdogan..syah aja kali pengen punya pemimpin yg cerdas dan gentleman

indo nesia
indo nesia
16 days ago

Maaf saya ralat sedikit,sekarang ini Mr.erdogan sudah menjadi presiden turki,bukan perdana mentri lagi 🙂👌

sutarwo
sutarwo
16 days ago

coba bandingkan cara berfikir erdogan dg pemimpin kita.
Indonesia itu membuat undan2 saja di demo gak diperhatikan. di bilang siluman kenyataan pada blepotan.
sebenarnya mikir rakyat apa mikir cukong yg bayar sih. kapan indonesia maju kalo pemimpin mau di cekokin cukong. puarah banget.

Iyan
Iyan
16 days ago

Aamiin

Siapa hayo
Siapa hayo
15 days ago

Aamiin Yarobbal Aalamiin

Teuku syaifullah
Teuku syaifullah
17 days ago

Turki bersama Erdogan adalah sebuah contoh sebuah negara yg tidak hanya merdeka dan berdaulat tetapi juga bermartabat. Sangat layak utk menjadi contoh, menjalankan syariat islam menjadikan turki menjadi jauh lebih baik dan semakin baik.

Diman
Diman
17 days ago

Betul..👍👍👍👍
Smoga Indonesia bisa sperti itu..
Aamiinnn

Iyan
Iyan
16 days ago

Setuju

Rania
Rania
17 days ago

Hrusnya negeri muslim meniru Turki membantu negeri muslim, tpi kbyakn negeri muslim menjadi boneka barat, semoga pemimpinnya kena azab

Umar alfarouq
17 days ago
Reply to  Rania

Aminn

Valentinus Royke
Valentinus Royke
17 days ago
Reply to  Rania

Jangan begitu…Turkey sebenar ny 11ny yg plg disayang europe..lihat lah skrg betapa hebat ny negara itu…semua krn dulungan siapa?!?! Ga perlu jd org sombong lah…Salam Damai

Boss 008
Boss 008
16 days ago

Disayang siapa 😂😂😂 prancis?german?yunani??usa??rusia?? They build their own strength and became such a big country like in the past

indo nesia
indo nesia
16 days ago

Erdogan itu dimusuhi oleh orang2 sombong,angkuh,pongah & licik
Anda tau siapa saja mereka?
makanya kenali dulu orang yg sdg anda kritik

Anas
Anas
17 days ago

Erdogan memang pemimpin yg sangat hebat beliau tidak segan2 membantu negara sahabat yg bahkan tidak pernah dilakukan oleh presiden negara 2 lain sehat selalu dan panjang umur Mr erdogan

Angki
Angki
17 days ago
Reply to  Anas

Bantuan itu tidak gratis… si endrogen punya motif tersendiri..

Non Blok
Non Blok
17 days ago
Reply to  Angki

Betul sekali, motif Erdogan adalah menjadi contoh bagaimana cara meneladani Rosul, semoga beliau selalu di beri kesehatan…

Randy
Randy
16 days ago
Reply to  Non Blok

Motif turki mulia, demi kemanusiaan.
tidak seperti motif negara USA dan eropa lainnya ada udan dibalik bakwan Alias menjerat negara dalam hutang sehingga akan mereka peras terusmenerus itulah mentak mereka USA adlh mental penjajah termasuk orang Kafir di Indonesia ini yg sombong luarbiasa.

indo nesia
indo nesia
16 days ago
Reply to  Angki

Motifnya adalah,menyadarkan orang2 yg sombong & pongah di dunia ini

Diman
Diman
17 days ago

Dengan ijin Allah turki dan segenap kaum muslimin akan bersatu dan jaya..
Aamiinn..

Valentinus Royke
Valentinus Royke
17 days ago
Reply to  Diman

Trus kl sudah hebat mau perang gitu?! Jangan sombong,cukup ingat Allah,takut lah akan Tuhan

Boss 008
Boss 008
16 days ago

Ente kenapa sih sirik mulu palentinus 😂

Randy
Randy
16 days ago

Padahal Negara Kafir yg Doyan perang,tapi pengecut.
Sehingga menghalalkan segala cara dari main keroyokan,atau metode Adudomba,ataupun penyusupan melalui Agennya bahkan membiayai pemberontak di negara target spt yg terjadi di Irak,libya,suruah dan banyak negara lainnya.

indo nesia
indo nesia
16 days ago

Woyyy kalo kentut jangan deket orang,jauhan dikit napa 😁😁

sutarwo
sutarwo
16 days ago

yg ngajak perang siapa kalo bukan..

Anugerah
Anugerah
17 days ago

Mantap erdogan

Galih
Galih
17 days ago

Top lah Erdogan . .

awas konfirasi ekonomi asing melalui IMF, . .

Zal
Zal
17 days ago

Luar Biasa Mr Erdogan.
Jdi Penasaran dgn komen haters. 😀
👀 👀

Ucu
Ucu
17 days ago

The real pemimpin…sosok sperti Erdogan yg layak memimpin dunia…bukan para kapitalis yg nda pandai menolong…

Hulaimi
Hulaimi
17 days ago

Ini bukti bahwa jika pemimpin didasari iman dan taqwa kepada Alloh SWT dan cinta kepada Rasululloh SAW selalu menjadi rahmat bagi ummat Islam khususnya dan dunia. Barokalloh Mr. Toyyib Erdogan semoga selelu dalam lindungan Alloh SWT. AAMIIN

Aris
Aris
17 days ago

Semoga pak erdogan dan negara Turki semakin banyak rezeki nya, semakin kuat membela Islam di seluruh dunia aamiin ya Allah

Muh
Muh
17 days ago

Dengan tangan besinya, seperti cina,Rusia
Pakek tangan besi,baik jadi tambah baik,n sebaliknya
Salut…

Aas Syafrudin
Aas Syafrudin
17 days ago

Semoga memberikan inspirasi kepada pemimpin yang lain untuk mencontohnya

Waksurdijuek
Waksurdijuek
17 days ago

Pemimpin yg luar biasa membantu saudara nya dlm keadaan sulit. Turkey akan berjaya seperti zaman kekaisaran otthoman dulunya.

Syahrin
Syahrin
17 days ago

May Allah bless Turky,

Non Blok
Non Blok
17 days ago

Salut buat President Erdogan..

Bahrun
17 days ago

Semoga indonesia bisa juga terbebas dari jerat utang dan diberikan kesadaran untuk hemat

NILA WARDIANTI
NILA WARDIANTI
17 days ago

ALLAH S..W..T..BESERTA NABI MUHAMMAD S..A..W…

Iroel
Iroel
17 days ago

Orang yg dengki dengan erdogan ada penyakit dalam hatinya

Rahmat hidayat
Rahmat hidayat
17 days ago

Barrakallah syaikh Erdogan, awesome,,
Semoga suatu saat bisa bantu Indonesia untuk melunasi hutang ke Cina

Rahmat
Rahmat
17 days ago

Seandainya saja penduduk bumi beriman dan bertaqwa kpd Allah,sungguh Allah akan menurunkan keberkahan dr langit dan bumi,tetapi mereka mendustakan ayat2 kami,maka kami siksa mereka sesuai dg apa yg mereka kerjakan.
Itulah knp indonesia yg dikaruniai kekayaan alam dan sdm yg luar biasa,tp tdk mendptkan keberkahan,hingga hutangnya menggunung.

Ziyad
Ziyad
17 days ago

salut….allahu akbar

Musa
Musa
17 days ago

Ya Allah, panjangkan umurnya. Aamiin

youdie himmlee
youdie himmlee
16 days ago

bener2 pemimpin tulen, beda sama mukidi yg sok islami menjelang pemilu doang ..

Kabar baik dari cinta
Kabar baik dari cinta
16 days ago

Semoga Indonesia bisa seperti Turki yang membuka diri diplomatik dengan Israel, sehingga Turki bisa jadi negara besar. Hidup Israel…….

Eri
Eri
16 days ago

Menolong yg kesusahan tidak membuat negara itu jd miskin,mudah mudahan turki mendapatkan gas lg di laut hitam

yusni
yusni
16 days ago

Sungguh mulia hati presiden Turkey, membantu somalia. Sebuah negara mayoritas Muslim yang sedang berjuang bebas dari perang saudara

Aisy
Aisy
16 days ago

Mantap Pak Erdogan

Irawati
Irawati
16 days ago

Semoga Alloh selalu menjaga kesehatan
Presiden Erdogan, dimudahkan segala urusannya…sangat bersyukur di karuniai pemimpin muslim yang Amanah, Shidiq, Tablik dan Fatonah…👍❤️

081216422507
081216422507
16 days ago

Semakin banyak kita membantu orang yang susah, semakin banyak pula, Alloh akan memberikan rahmat kepada kita. Begitu juga Turki telah membatu banyak hal kepada Somalia, sehingga terbebas dari cengkeraman hutan IMF, smoga Turki sebagai negara yang penuh keberkahan dan penuh kesejahteraan dan kemakmuran. Aamiin.

Sisangar
Sisangar
16 days ago

Krennnnn

Azwar
Azwar
16 days ago

Good job Mr. Erdogan👍👍

Muammar akram
Muammar akram
16 days ago

I love you erdogan. We love you. From atjeh

Iskandar
Iskandar
16 days ago

Erdogan luar biasa, tidak sibuk dg pencitraan dan tidak munafik serta tidak menjual negaranya utk asing.

Muhammad Nur
Muhammad Nur
16 days ago

Itulah Sosok Pemimpin Dambaan semua umat manusia saat ini…..!
Cerdas, Bijak dan tepat dalam merespon kebutuhan Rakyat dan umat Islam dunia.

Juliz
Juliz
16 days ago

Mantap dan mantul….presiden Erdogan….beda banget sama presiden koplak dr negri nyamuk sama kodok…sukanya ngutanggggg terus….g mikir jauh akibatnya buat kelangsungan negri…mbuallllll terus… Sukanya bikin hoaxxxxxxx terus…. dikelilingi para penjilat dan penghianat2…ambyar dah

ahér
ahér
16 days ago

ok. good job mr presiden.

Amal
Amal
12 days ago

Ingin jadi negara mapan seperti Turki…? Atau jadi katcung China dgn utang yang terus bertambah…

Gunwis
Gunwis
6 days ago

Sesama muslim harus saling membantu bkn ego tinggi..

error: Content is protected !!
66
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x