Selasa, Oktober 19, 2021
Ekonomi

Kapal Kanuni akan mulai misinya di ladang gas Sakarya Laut Hitam

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Kapal pengeboran ketiga Turki, Kanuni, pada hari Jumat berlayar dari Istanbul  ke Laut Hitam untuk melakukan pekerjaan perawatan di Pelabuhan Filyos di pantai Laut Hitam. Setelah itu, Kanuni akan memulai misinya di ladang gas Sakarya, kata Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki.

Berbicara pada upacara peluncuran kapal di Pelabuhan Haydarpaşa Istanbul, Fatih Dönmez mengatakan Kanuni akan bergabung dengan kapal bor Fatih yang juga berlayar dari lokasi yang sama pada 29 Mei menuju Laut Hitam di mana kapal tersebut menemukan 320 miliar meter kubik gas (bcm) hanya dalam satu bulan.

“Cadangan yang ditemukan di sumur Tuna-1 di lapangan gas Sakarya kemudian direvisi menjadi 405 miliar meter kubik dan dengan itu kami menyelesaikan pengeboran pertama kami di Tuna-1,” kata Dönmez.

Penemuan sebesar ini dapat memenuhi kebutuhan gas dalam negeri Turki selama lebih dari 20 tahun, kata Dönmez, seraya menambahkan bahwa hingga saat ini, Turki menghasilkan 16,8 miliar meter kubik gas tetapi berhasil menemukan gas 24 kali lebih banyak dari satu pengeboran.

Untuk mencapai hasil serupa di Laut Hitam, Kanuni ditambahkan ke armada Turki pada awal tahun ini. Setelah melakukan perawatan dan peningkatan yang diperlukan di Pelabuhan Taşucu Mersin, kapal tiba di Pelabuhan Haydarpaşa pada 19 Oktober, jelas Dönmez.

Di sini menara kapal dibongkar untuk melewati kolong jembatan di Bosphorus. Hari ini kami mengirim Kanuni ke Pelabuhan Filyos. Kapal akan siap untuk operasi baru setelah pemasangan kembali menara, uji navigasi, dan setelah perakitan peralatan pengeboran dan lubang bawah. Pekerjaan pemeliharaan sistem keselamatan telah diselesaikan,” katanya.

Kanuni akan memulai pengeboran pertama di Laut Hitam awal tahun depan.

Baca juga  Beli 24 drone Turki, Menhan Polandia: Bayraktar TB2 sangat teruji, saya senang sekali

Kapal pembor ultra generasi keenam dibuat oleh Samsung Heavy Industries Korea Selatan pada tahun 2012 dan digunakan oleh Petrobras Brasil antara tahun 2012 dan 2015.

Kapal bor ini memiliki panjang 227 meter (744 kaki), lebar 42 meter dan memiliki draft 12 meter. Peralatannya bisa mencapai hingga 11.400 meter di bawah permukaan laut dan mengebor hingga kedalaman 3.000 meter di bawah dasar laut.

Pengeboran baru direncanakan di Mediterania Timur

Beralih ke operasi Turki di Mediterania Timur, Dönmez juga menekankan bahwa kapal bor Yavuz telah menyelesaikan operasi pada kedalaman 6.000 meter di sumur Selçuklu-1 dari mana hasil yang menjanjikan tercapai.

Dia mengatakan setelah pemeliharaan kapal Yavuz di Pelabuhan Taşucu di Mersin di selatan negara itu, pemboran baru akan dilakukan di daerah yang berdekatan dengan sumur.

Kapal penelitian seismik Oruç Reis dan Barbaros Hayreddin Paşa juga beroperasi di Mediterania, di mana yang pertama mengumpulkan data dua dimensi di lokasi Demre-1 lepas pantai Antalya di area sepanjang 6.822 kilometer, sementara yang terakhir sejauh ini telah mengumpulkan data di wilayah dengan total sekitar 195.525 kilometer, kata Dönmez.

“Kami akan menentukan lokasi kami untuk misi berikutnya di Mediterania menurut analisis data seismik kami,” simpul Dönmez.

Sumber: Daily Sabah

 

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Azhari
Azhari
10 months ago

Barokallahufikum

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x