Senin, Januari 17, 2022
Ekonomi

Turki bahas pembelian 25 juta vaksin Covid-19 dari Pfizer

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki sedang dalam pembicaraan dengan Pfizer untuk memperoleh satu juta dosis vaksin virus corona pada akhir tahun dan 25 juta lagi pada tahun 2021, kata Menteri Kesehatan Fahrettin Koca dalam sebuah pernyataan, Rabu malam.

“Ada kemungkinan pemberian sejuta dosis di bulan Desember. Tapi kami sedang dalam pembicaraan untuk mendapatkan 25 juta dosis pada 2021,” katanya.

Pada hari Senin, Pfizer Inc. mengatakan vaksin eksperimentalnya lebih dari 90% efektif dalam mencegah Covid-19 berdasarkan data awal dari sebuah studi besar. Kenyataan ini merupakan kemenangan besar dalam perang melawan pandemi yang telah menewaskan lebih dari 1 juta orang, mengguncang ekonomi dunia serta kehidupan sehari-hari.

Pfizer dan mitra Jerman BioNTech SE adalah pembuat obat pertama yang menunjukkan data sukses dari uji klinis berskala besar vaksin virus corona. Perusahaan itu mengatakan sejauh ini mereka tidak menemukan masalah keamanan yang serius dan berharap untuk mencari izin penggunaan darurat AS akhir bulan ini.

BioNTech didirikan oleh pasangan keturunan Turki yang tinggal di Jerman. Uğur Şahin, merupakan putra seorang imigran Turki yang bekerja di pabrik Ford di Cologne Jerman. Ia  mendirikan perusahaan bersama istri dan sesama anggota dewan Özlem Türeci.

Jika diizinkan, jumlah dosis vaksin awalnya akan dibatasi. Ada banyak pertanyaan tentang vaksin itu, termasuk termasuk berapa lama vaksin akan memberikan perlindungan. Namun, berita tersebut memberikan harapan bahwa vaksin lain yang sedang dikembangkan untuk melawan virus corona juga terbukti efektif.

Pfizer dan BioNTech memiliki kontrak 1,95 miliar USD dengan pemerintah AS untuk mengirimkan 100 juta dosis vaksin mulai tahun ini. Mereka juga telah mencapai perjanjian pasokan dengan Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Jepang.

Baca juga  Presiden Erdogan: “Kanal Istanbul merupakan prioritas utama setelah Pemilu”

Untuk menghemat waktu, perusahaan mulai memproduksi vaksin sebelum mereka tahu apakah itu akan efektif. Mereka sekarang berharap dapat memproduksi hingga 50 juta dosis atau cukup vaksin untuk melindungi 25 juta orang tahun ini. Pfizer memperkirakan akan memproduksi hingga 1,3 miliar dosis vaksin pada tahun 2021.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x