Saturday, January 16, 2021
Bangsa Turk

Warga Azerbaijan protes kehadiran pasukan Rusia di Nagorno-Karabakh

TURKINESIA.NET – BAKU. Sekelompok pengunjuk rasa di ibu kota Baku, Azerbaijan, menggelar unjuk rasa memprotes kehadiran pasukan penjaga perdamaian Rusia di wilayah Nagorno-Karabakh yang baru-baru ini dibebaskan dari pendudukan Armenia.

“Rusia pergi, Turki tetap!” teriak para pengunjuk rasa.

Kelompok tersebut mendesak pemerintah Azerbaijan untuk menolak pasukan penjaga perdamaian Rusia dan menggantinya dengan pasukan Turki.

Para pengunjuk rasa memegang plakat dan poster yang mendukung Turki, Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan militer Turki.

Parlemen Turki pada hari Selasa menyetujui pengerahan pasukan Turki ke Azerbaijan untuk misi penjaga perdamaian guna memantau kesepakatan gencatan senjata yang bertujuan mengakhiri konflik di wilayah Nagorno-Karabakh.

Mandat itu akan memungkinkan pasukan Turki ditempatkan di pusat penjaga perdamaian selama satu tahun sebagai bagian dari kesepakatan antara Ankara dan Moskow untuk memantau pelaksanaan gencatan senjata yang menguntungkan teritorial Azerbaijan. Sekitar 2.000 tentara penjaga perdamaian Rusia kini juga dikerahkan ke wilayah tersebut.

Pekan lalu, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan bahwa Turki akan mengambil bagian dalam proses pemeliharaan perdamaian di wilayah Nagorno-Karabakh menyusul kesepakatan yang ditengahi Rusia dengan Armenia untuk menghentikan permusuhan militer.

Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan bahwa pejabat Turki dan Rusia masih mengerjakan kerangka kerja untuk mengimplementasikan kesepakatan tersebut.

Sumber: Daily Sabah

4.3 9 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x