Sabtu, September 18, 2021
Amerikarekomendasi

DPR AS sahkan RUU untuk jatuhkan sanksi atas Turki karena pembelian S-400 Rusia

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Dewan Perwakilan AS pada hari Selasa mengesahkan RUU pertahanan yang membuka jalan untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki atas pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia.

RUU pertahanan senilai 740 miliar USD menerima 335 suara mendukung dan 78 menentang, lolos dengan mayoritas dua pertiga yang menentang hak veto presiden.

Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa jika Senat juga menyetujui RUU tersebut, dia akan memveto RUU itu. Untuk memblokir hak veto Trump, Senat juga harus mencapai mayoritas dua pertiga. Senat diperkirakan akan memberikan suara pada RUU tersebut pada akhir minggu.

RUU tersebut mengharuskan pengenaan sanksi dalam waktu 30 hari sejak undang-undang disahkan. RUU ini menyerukan sanksi pada “setiap orang yang secara sadar terlibat dalam akuisisi sistem pertahanan udara S-400” oleh Turki.

RUU tersebut akan memungkinkan presiden untuk mencabut sanksi setelah satu tahun.

Penolakan Trump terhadap RUU tersebut bukan berasal dari artikel yang menjatuhkan sanksi kepada Turki, tetapi dari bagian yang memberikan jaminan hukum kepada perusahaan media sosial. Presiden juga menentang pasal yang membatasi penarikan pasukan AS dari Jerman dan Afghanistan.

Mengomentari RUU tersebut, Juru Bicara Kepresidenan Turki Ibrahim Kalın mengatakan pada hari Rabu bahwa menghukum Turki atas pembelian S-400 Rusia adalah sikap kontraproduktif. Dia berbicara melalui konferensi video di acara German Marshall Fund di Amerika Serikat.

Kalın menambahkan bahwa Turki yakin dapat memiliki agenda yang baik dan positif dengan pemerintahan Presiden terpilih AS Joe Biden.

Hubungan antara sekutu NATO Turki dan Amerika Serikat sangat tegang tahun lalu karena Ankara mengakuisisi sistem pertahanan udara canggih S-400 Rusia. Langkah Turki telah mendorong Washington untuk mengeluarkan Turki dari program jet F-35 Lightning II.

Baca juga  Virus Corona: Hungaria berterima kasih atas bantuan Turki dan Uzbekistan

AS berpendapat bahwa sistem tersebut dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet Lockheed Martin F-35 dan tidak kompatibel dengan sistem NATO. Turki bersikeras bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi tersebut.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
9 months ago

Hahahahah.. urus negara luh.. TURKI 🇹🇷 nggak akan takut dengan sanksi elo. Demi menjaga kedaulatan TURKI 🇹🇷 itu terserah TURKI 🇹🇷 mau beli senjata manapun. bravo TURKI 🇹🇷 bravo PM ERDOGAN 🇹🇷 👍 👍👍👍

Rania
Rania
9 months ago

Pemimpin bodoh yang takut Amerika, bersatulah wahai negeri muslim. Jangn berdagang dengn Amerika mereka pasti miskin

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x