Senin, November 29, 2021
Ekonomi

“Dulu pengimpor listrik, kini Turki ekspor listrik ke Bulgaria, Yunani, Georgia dan Irak”

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki yang pernah menjadi negara pengimpor listrik, sekarang mengekspor listrik ke tetangganya, kata Direktur Otoritas Pengaturan Pasar Energi (EMRA), Mustafa Yilmaz, kepada Anadolu Agency.

Turki mulai hari Senin telah mengekspor listrik ke Irak melalui jalur transmisi Silopi-Zakho hingga 1 November 2021 dengan tujuan mengurangi risiko pemadaman listrik ke Irak.

Mustafa Yilmaz, mengatakan dalam sebuah pernyataan pers, “Lompatan yang telah dilakukan Turki di sektor energi dalam beberapa tahun terakhir adalah sumber kebanggaan.”

“Sistem kelistrikan Turki memiliki kapasitas yang cukup untuk mengekspor listrik ke negara-negara tetangga. Perdagangan listrik lintas batas kami terus tumbuh dan saya pikir volume ini akan meningkat lebih lanjut pada tahun 2021,” kata Yilmaz.

Yilmaz menyatakan keyakinannya bahwa “Turki akan meningkatkan volume ekspor listriknya pada tahun 2021.”

Melalui Otoritas Pengaturan Pasar Energi (EMRA), Turki membuka aplikasi ekspor listrik ke Irak bulan lalu yang menghasilkan amandemen lisensi pasokan listrik dengan Aksa Aksen Enerji Ticareti AS untuk memasukkan pasokan ke pasar lain yaitu Irak, dalam hubungannya dengan pasar domestik Turki.

Berdasarkan amandemen izin tersebut, ekspor 150 megawatt (MW) ke Irak akan dimulai pada Senin dan berlangsung hingga 1 November 2021.

Irak sekarang akan menjadi tujuan ekspor listrik keempat setelah Bulgaria, Yunani dan Georgia di mana Turki mengekspor 2,8 miliar kilowatt-jam listrik tahun lalu.

Pada hari Minggu, Kementerian Listrik Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ibu kota Irak, Baghdad, dan kota-kota lain menghadapi risiko pemadaman listrik besar, setelah Iran mengurangi ekspor gas.

Kapasitas listrik terpasang Turki saat ini mencapai 95.000 MW tahun ini di mana lebih dari setengahnya dihasilkan dari energi terbarukan. Kapasitas terpasang terbarukan total 49.000 MW dengan tambahan sekitar 4.700 MW tahun ini.

Baca juga  Tahun 2020, Turki mulai gunakan robot untuk tes kesehatan

Gas alam, gas alam cair dan naphtha merupakan 25.700 MW dari kapasitas terpasang di Turki sedangkan total tenaga batu bara mencapai 20.300 MW.

Sumber: TR Agency, Anadolu Agency

 

4.1 10 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x