Friday, March 5, 2021
EkonomiEropa

Inggris & Turki akan tandatangani kesepakatan perdagangan bebas akhir Desember

TURKINESIA.NET – LONDON. Inggris dan Turki akan menandatangani kesepakatan perdagangan bebas pada 29 Desember, kata kementerian perdagangan Inggris pada 27 Desember.

Kesepakatan dagang itu merupakan pertama kalinya sejak Perdana Menteri Boris Johnson mengamankan perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa pekan lalu.

Dua negara akan menandatangani kesepakatan yang menyerupai kesepakatan yang sudah ada sebelumnya. Tapi Menteri Perdagangan Inggris Liz Truss mengatakan ia berharap kesepakatan yang sudah dibicarakan antara dua negara sebelumnya dapat dicapai.

“Kesepakatan yang kami harapkan untuk ditandatangani minggu ini mengunci pengaturan perdagangan bebas tarif dan akan membantu mendukung hubungan perdagangan kami. Ini akan memberikan kepastian bagi ribuan pekerjaan di seluruh Inggris di industri manufaktur, otomotif dan baja,” kata Truss dalam sebuah pernyataan.

“Kami sekarang berharap dapat bekerja dengan Turki menuju perjanjian perdagangan Inggris-Turki yang dibuat khusus dan ambisius dalam waktu dekat.”

Hubungan perdagangan Inggris Turki bernilai 18,6 miliar pound (25,25 miliar USD) pada 2019. Inggris mengatakan itu adalah kesepakatan perdagangan terbesar kelima yang telah dinegosiasikan oleh kementerian perdagangan setelah perjanjian dengan Jepang, Kanada, Swiss, dan Norwegia.

Inggris sekarang telah menandatangani perjanjian perdagangan dengan 62 negara menjelang akhir periode transisi Brexit pada 1 Januari, ketika meninggalkan pengaturan perdagangan UE.

Pekan lalu perekonomian terbesar kelima di dunia itu meraih kesepakatan dagang dengan Uni Eropa.

Sumber: Reuters via Hurriyet Daily News

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x