Friday, March 5, 2021
Ekonomi

Tahun 2020, Rusia telah transfer 5,8 miliar meter kubik gas ke Eropa melalui Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Lebih dari 5,8 miliar meter kubik (bcm) gas Rusia telah ditransfer ke Eropa melalui Turki menggunakan pipa gas alam TurkStream pada tahun 2020, kata sumber industri pada hari Minggu.

Pipa TurkStream diresmikan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 8 Januari.

Setelah aliran gas pertama dimulai pada bulan Januari, gas alam Rusia dialihkan ke konsumen di Bulgaria, Yunani, Makedonia, dan Rumania.

Di bawah perjanjian internasional yang ditandatangani dengan Turki, Kementerian Keuangan Turki menerima biaya transit bulanan untuk setiap meter kubik gas yang ditransfer.

Pasokan komersial melalui pipa gas dimulai pada 1 Januari 2020.

TurkStream terdiri dari dua jalur lepas pantai sepanjang 930 kilometer (578 mil) yang membentang dari Rusia ke Turki melintasi Laut Hitam, dan dua jalur darat terpisah dengan panjang masing-masing 142 dan 70 kilometer.

Pipa gas alam TurkStream memiliki total kapasitas 31,5 miliar meter kubik, di mana jalur pertama akan membawa 15,75 miliar meter kubik gas Rusia ke Turki.

Jalur kedua akan menyalurkan 15,75 miliar meter kubik gas lainnya ke Eropa melalui Turki.

Sementara itu, Serbia pada Jumat mengatakan telah mulai mengirimkan gas alam ke Eropa melalui pipa TurkStream.

Bagian Serbia sepanjang 403 kilometer diaktifkan dalam sebuah upacara di Gospodjinci di kotamadya Zabalj utara.

Serbia menerima pengiriman gas pertamanya pada Rabu dari proyek pipa tersebut.

Pembukaan komersial bagian pipa yang melewati Serbia dari perbatasan Bulgaria ke Hongaria diadakan sebagai salah satu proyek pertama tahun 2021.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan pada upacara tersebut bahwa TurkStream akan memberikan kontribusi besar bagi industri dan ekonomi di negara itu, serta meningkatkan kualitas hidup warga Serbia.

Baca juga  Erdogan: Turki sudah akhiri hubungan dengan IMF untuk selamanya

Vucic menambahkan bahwa Serbia akan menerima gas melalui pipa dengan harga hingga 155 USD (TL 1.153) per meter kubik, dengan biaya transportasi yang jauh lebih rendah dari sebelumnya. Selain itu, Serbia akan mengenakan pajak transit yang akan membantu membayar pembangunan pipa.

Dusan Bajatovic, CEO perusahaan gas alam Serbia Srbijagas, mengatakan sebanyak 6 juta meter kubik gas akan segera dibawa ke Serbia.

Terminal penerima gas proyek di Kıyıköy, bagian darat utama Turki, dibangun oleh perusahaan South Stream, yang dimiliki oleh Gazprom Rusia.

Dua jalur darat proyek membawa gas dari terminal penerima ke dalam.

Perusahaan perdagangan minyak dan gas milik negara Turki BOTAŞ membangun jalur darat sepanjang 70 kilometer untuk menghubungkan ke jaringan Turki. Garis darat sepanjang 142 kilometer, yang membentang ke perbatasan Turki-Eropa di wilayah Thrace, dibangun oleh perusahaan patungan BOTAŞ-Gazprom.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

4.2 10 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
1 month ago

Kerja sama yg saling menguntungkan Bravo TURKI 🇹🇷 👍👍👍👍..

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x