Sunday, January 24, 2021
Wisata

Gunung Nemrut telah dikunjungi setengah juta lebih turis selama 5 tahun terakhir

TURKINESIA.NET – ADIYAMAN. Gunung Nemrut, salah satu situs warisan sejarah dan budaya terpenting di dunia, telah dikunjungi oleh hampir setengah juta orang selama lima tahun terakhir.

Gunung Nemrut yang menjulang 2.134 meter di atas provinsi Adıyaman, tenggara Turki telah menyambut 530.000 pengunjung sejak awal 2016, kata Direktur Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, Mustafa Ekinci.

Gunung Nemrut dikenal karena pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan. Gunung itu menempati tempat dalam Daftar Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Salah satu puncak tertinggi pegunungan Taurus timur di Turki tenggara, Gunung Nemrut diyakini sebagai situs makam kerajaan abad pertama.

https://www.facebook.com/Turkinesiadotnet/posts/3640072872734921

 

Tempat perlindungan di puncak Gunung Nemrut dibangun oleh Antiochos I untuk dirinya sendiri sebagai monumen pemakaman lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Kepala kolosal Apollo, Zeus, Hercules dan Antiochos I serta beberapa dewa Yunani dan Persia juga menghiasi puncak gunung itu.

Menurut Ekinci, terjadi penurunan jumlah pengunjung ke wilayah tersebut pada tahun 2020 karena pandemi, namun, baik pejabat maupun penduduk setempat mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung pada paruh kedua tahun 2021.

Ekinci mengajak wisatawan lokal maupun mancanegara ke Adıyaman untuk melihat keindahan Gunung Nemrut.

Sumber: Hurriyet Daily News

5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x