Friday, March 5, 2021
Amerika

Turki minta semua pihak di AS untuk menggunakan akal sehat

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki mendesak semua pihak di AS untuk menggunakan moderasi dan akal sehat setelah pendukung Presiden AS Donald Trump menyerbu gedung Capitol pada hari Rabu.

“Kami mengikuti dengan prihatin perkembangan internal yang terjadi di AS setelah pemilihan Presiden yang berpuncak pada gedung Capitol Hill yang dilanggar oleh pengunjuk rasa hari ini,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

“Kami meminta semua pihak di AS untuk tetap menahan diri dan berhati-hati. Kami yakin AS akan mengatasi krisis politik internal ini dengan cara yang matang,” tambah kementerian itu.

Warga Turki di AS juga diimbau untuk menjauh dari tempat keramaian dan tempat diadakan demonstrasi.

Para pengunjuk rasa berusaha mengganggu penghitungan suara elektoral di Kongres yang membuat Joe Biden resmi terpilih sebagai penerus Trump.

“Kami mengikuti peristiwa di AS dengan perhatian dan mengajak para pihak untuk menenangkan diri,” tulis Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop dalam bahasa Inggris di Twitter.

“Kami percaya bahwa masalah akan selalu diselesaikan dalam hukum dan demokrasi.”

Dia menambahkan: “Sebagai bangsa Turki, kami selalu mendukung hukum dan demokrasi dan kami merekomendasikannya kepada semua orang.”

Di Twitter, Juru Bicara Kepresidenan Ibrahim Kalin juga mengungkapkan bagaimana Turki dengan cermat mengamati peristiwa tersebut. “Kami mengikuti perkembangan terkini di ibu kota AS dengan penuh perhatian,” kata Kalin.

“Kami mempertahankan keyakinan kami bahwa demokrasi di AS akan berjalan secepat mungkin dengan semua institusi dan praktiknya,” kata Fahrettin Altun, direktur komunikasi kepresidenan Turki, di Twitter.

Sumber: Anadolu Agency English

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x