Sunday, January 24, 2021
Amerika

Erdogan: Peristiwa di AS, tempat lahir demokrasi, mengejutkan umat manusia

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Apa yang terjadi di Amerika Serikat yang disebut ‘tempat lahir demokrasi’, benar-benar mengejutkan seluruh umat manusia, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan kepada wartawan di Istanbul usai shalat Jumat.

“Saya berharap peralihan kepresidenan ke Joe Biden pada 20 Januari terjadi setenang yang dikatakan Donald Trump dalam pernyataannya,” kata Presiden Turki itu dalam sambutannya.

Erdogan juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tewas selama kerusuhan di Capitol Hill dan berharap kesembuhan segera bagi para pengunjuk rasa yang terluka.

Pada hari Rabu, pendukung Trump yang memprotes sertifikasi Kongres atas kemenangan presiden Joe Biden bentrok dengan polisi, mereka akhirnya menerobos masuk ke Gedung Capitol dan menuju ke lantai Senat.

Sedikitnya lima orang tewas setelah pengunjuk rasa menyerbu gedung, termasuk seorang wanita yang ditembak oleh Polisi Capitol.

Dalam pernyataan terpisah, anggota parlemen Demokrat dan Republik dengan suara bulat mengutuk serangan di Capitol oleh warga dan menyebut kerusuhan itu sebagai “kudeta”, “tindakan terorisme yang tercela” dan “rasa malu nasional.”

Trump, sekutu politiknya dan jutaan pendukung Partai Republik selama berbulan-bulan mengklaim bahwa pemilu 3 November telah dicurangi.

Sumber: A News

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x