Sunday, January 24, 2021
Ekonomi

“Produksi emas Turki tahun 2020 capai level tertinggi dalam sejarah”

TURKINESIA.NET – IZMIR. Produksi emas Turki pada 2020 mencapai level tertinggi dalam sejarah Republik Turki sebesar 42 ton, kata Menteri Energi dan Sumber Daya Alam, Fatih Donmez, Kamis.

“[Produksi pada tahun 2020] ini telah memberikan kontribusi 2,4 miliar USD bagi ekonomi kami,” kata Donmez dalam pertemuannya dengan Asosiasi Penambang Emas Turki di kementerian.

Rekor ini menggantikan rekor yang dicapai pada 2019 ketika 38 ton emas diproduksi.

Turki hingga saat ini telah menginvestasikan 6 miliar  USD di sektor emas yang saat ini mempekerjakan 13.200 orang, kata Donmez.

Turki memulai produksi emas pada tahun 2001 dengan hanya 1,4 ton, tetapi Donmez mengatakan bahwa selama 20 tahun terakhir, 382 ton emas telah diproduksi yang membantu Turki memperoleh pendapatan pajak yang setara dengan 76 ton emas.

Meskipun demikian, Donmez menyoroti penghematan besar yang dapat dilakukan dalam impor emas yang tahun lalu menunjukkan peningkatan 123% dari tahun ke tahun menjadi 25,2 miliar USD. Ini, kata Donmez, dapat dicapai melalui Turki yang memproduksi setara dengan setengah dari impor emasnya sambil memastikan bahwa 12,5 miliar USD akan tetap berada di Turki.

Di Turki, sebanyak 18 tambang emas sedang berproduksi, sementara 20 proyek tambang emas baru sedang menunggu investasi.

“Mudah-mudahan ketika proyek-proyek ini terealisasi, produksi emas kita mencapai 100 ton. Target kita memenuhi kebutuhan emas dari sumber lokal, mengurangi defisit arus [impor] terkait emas secara signifikan dan meningkatkan lapangan kerja di bidang ini,” tegasnya.

Sumber: Anadolu Agency English

4.2 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Salim
Salim
15 days ago

Indonesia punya gunung emas, malah dikasihkan ke amrik. Trus uang ngutang sama cina…..cara dungu mengelola negara? Cuma nanya, barangkali ada yg bisa jawab….

Vladimir Putih
Vladimir Putih
15 days ago
Reply to  Salim

Mottonya indo”kalo bisa dipersulit knp dipermudah?, klo bs rugi knp untung?”

Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
15 days ago

ALHAMDULILLAH semoga TURKI 🇹🇷 KEmbali menjadi sang kaisar dunia

error: Content is protected !!
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x