Sunday, January 24, 2021
Timur Tengah

Setelah berdamai dengan Qatar, Menlu UEA sebut Turki adalah mitra dagang nomor satu di Timur Tengah

TURKINESIA.NET – DUBAI. Uni Emirat Arab (UEA) adalah mitra dagang nomor satu Turki di Timur Tengah, kata menteri luar negeri UEA, Kamis.

“Kami sangat tidak mengharapkan perseteruan apa pun dengan Turki,” kata Anwar Gargash kepada Bloomberg yang berbasis di AS.

Keinginan Turki untuk memperluas peran regionalnya “dengan mengorbankan negara-negara Arab” merupakan masalah utama antara kedua negara, klaim Gargash.

UEA ancam sanksi Aljazair karena bekerja sama dengan Turki

UEA akan segera melanjutkan transportasi dan perdagangan dengan Qatar, kata Gargash sebelumnya, juga pada hari Kamis.

“Transportasi dan perdagangan antar negara Dewan Kerjasama Teluk sejalan dengan kesepakatan Al-Ula akan berlangsung dalam waktu seminggu setelah penandatanganan kesepakatan,” kata Gargash.

“Kami senang bahwa kami telah membalik halaman dari krisis ini, dan kami menantikan masa depan Dewan Kerjasama Teluk, dan UEA sedang bekerja untuk melaksanakan perjanjian Al-Ula,” tambahnya.

Pada hari Selasa, kota Al-Ula di barat laut Arab Saudi menjadi tuan rumah KTT Teluk ke-41 yang menyaksikan pengumuman berakhirnya krisis Teluk yang telah berlangsung sejak 2017 antara Qatar dan Arab Saudi, Emirates, Bahrain, dan Mesir.

Menlu UEA membela Macron: Muslim harus dengar baik-baik, Macron benar

Pada Juni 2017, Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memberlakukan blokade darat, udara, dan laut terhadap Qatar dengan tuduhan Doha mendukung terorisme. Tuduhan tersebut dibantah Qatar dan dianggap sebagai upaya untuk merusak kedaulatannya.

Sumber: Anadolu Agency English

5 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
15 days ago

Hahahhaha.. UEA lagi sanjung TURKI 🇹🇷 cie cie cie.. ada apa iya??? kemarin kan Lagi berseteru.. semoga aja tdk ada kelicikan, ada udang di batu

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x