Tuesday, March 2, 2021
Tahukah Anda?

“Agar pakaian bekas Anda jadi sumber kebahagiaan bagi orang lain,” begini cara Turki

TURKINESIA.NET – TAHUKAH ANDA. Kita semua pernah mengalami kondisi di mana kita memiliki pakaian bekas yang masih berkualitas tetapi merasa tidak cocok lagi, baik karena sempit atau sudah tidak kekinian. Kita sangat ragu untuk membuangnya atau malu untuk memberikannya kepada orang miskin hingga akhirnya karena kebuntuan kita memutuskan untuk menyimpannya di rumah. Namun lama-lama, lemari dan ruangan juga penuh.

Di Turki, ada solusi terbaik untuk mengatasi dilema ini melalui tempat pengumpulan pakaian bekas yang tersebar hampir di seluruh wilayah di sebagian besar provinsi Turki. Melalui tempat pengumpulan inilah, pakaian ditempatkan untuk dikumpulkan dan dipilih oleh pemerintahan daerah dan lembaga amal, lalu dicuci kembali dan disetrika, kemudian dibagikan kepada kepada orang miskin yang membutuhkan, korban dampak perang dan bencana di dalam dan di luar Turki.

Sedangkan untuk pakaian usang yang tidak layak pakai dipindahkan ke pabrik daur ulang, kemudian dijual ke pabrik garmen dan hasil finansialnya juga digunakan dengan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Dengan cara ini, pakaian bekas “kita” menjadi sumber kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan.

Pemerintah Turki juga mendukung proyek-proyek ini dari perspektif lain dalam kerangka kampanye nasional untuk melindungi lingkungan dan mengurangi limbah yang merusaknya dan tidak membusuk dengan cepat. Proyek pengumpulan pakaian bekas adalah cara untuk melindungi lingkungan dari ribuan ton pakaian yang akan diubah menjadi limbah dengan memperkenalkan proses daur ulang dan manufaktur serta menghemat sejumlah besar uang setiap tahun.

Pada tempat pengumpulan pakaian bekas bertuliskan “wadah pengumpulan pakaian” juga tertulis di atasnya berbagai slogan, di antaranya “Apa yang tidak Anda gunakan mungkin menjadi impian bagi orang lain.”

Warga dapat mamasukkan pakaian dengan mudah ke kota tersebut seperti memasukkan kartu ke mesin ATM. Ketika penuh, pakaian-pakaian itu dikumpulkan oleh otoritas yang mengawasi proyek dan dipindahkan ke pusat-pusat khusus, sehingga proses yang lama untuk memilih, mencuci, menyetrika, dan mengatur distribusi.

Di lembaga yang berbeda berdasarkan inisiatif ini, jenis yang diterima oleh setiap wadah berbeda. Memang pakaian merupakan komponen utama dari proyek ini, namun ada pula lembaga yang menerima sepatu, tas, bahkan permainan anak-anak dan hal-hal lain yang dapat didistribusikan kepada orang miskin.

Inisiatif ini dijalankan oleh pemerintah kota Turki. Yayasan Bulan Sabit Merah Turki bersama dengan organisasi amal lainnya mendistribusikan pakaian kepada yang membutuhkan dan mereka yang terkena dampak bencana dan perang di dalam dan di luar negeri.

Pihak berwenang ini menerbitkan peta dan tabel yang menunjukkan lokasi titik pengumpulan pakaian berlebih untuk memudahkan akses bagi warga.

Dengan berbagai lembaga yang bertanggung jawab atas proyek ini, sulit untuk memiliki statistik akurat tentang jumlah titik yang tersebar di Turki, tetapi secara umum ada ribuan kontainer yang didedikasikan untuk mengumpulkan pakaian tua yang mengumpulkan ribuan ton pakaian, sepatu, tas, dll.

 

4.8 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x