Tuesday, March 2, 2021
Ekonomi

Ponsel Samsung buatan Turki akan memasuki pasar minggu depan, harga diperkirakan turun hingga 40%

TURKINESIA.NET – ANKARA. Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, telah memulai produksi ponsel di Turki dengan merek Sunny dalam lingkup kerja sama dengan Atmaca Elektronik, lapor sebuah surat kabar Turki  pada hari Jumat.

Ponsel yang diproduksi secara lokal itu akan memasuki pasar Turki minggu depan dan diharapkan dapat menurunkan harga ponsel di Turki hingga 40%.

Persaingan produksi elektronik di Turki belakangan ini semakin memanas. Saat Oppo China akan segera memulai produksi di salah satu pusat industri Istanbul, di distrik Tuzla, Samsung telah menyelesaikan semua persiapan, menurut harian bisnis Turki, Dünya.

Samsung yang merupakan pemimpin pasar ponsel Turki dengan pangsa 40%, membuat perjanjian dengan Atmaca Elektronik dan mulai berproduksi beberapa bulan lalu untuk beberapa elektronik, termasuk TV dan ponsel. Mitra Samsung, Atmaca Elektronik adalah salah satu produsen layar terbesar di Turki dan juga pemasok raksasa teknologi dunia. Atmaca memproduksi empat dari 10 TV Samsung yang diproduksi di Turki dan juga bekerja sama dengan Philips. Sebagai bagian dari perjanjian, telepon lokal Samsung mulai diproduksi di fasilitas Atmaca di distrik Esenyurt Istanbul beberapa minggu lalu. Kedua perusahaan menargetkan memproduksi 3 juta ponsel setiap tahun.

Pemerintah Turki telah melakukan upaya signifikan untuk menarik investasi asing dan menjadikan negara itu sebagai pusat produksi. Kementerian Perindustrian dan Teknologi menetapkan produksi dan ekspor lokal sebagai prasyarat untuk investasi di Turki. Sesuai dengan persyaratan kementerian, Samsung melakukan pekerjaan ekstensif untuk mencari pemasok lokal untuk komponen elektroniknya. Atmaca Elektronik telah memiliki 1.500 karyawan, dan rencana untuk memperkerjakan 600 orang lainnya diproyeksikan oleh Samsung khusus untuk proyek tersebut.

Para ahli memperkirakan bahwa harga ponsel berkisar hingga TL 2.500 (338 USD) bisa turun hingga 40% dibandingkan dengan yang setara impor, sementara diskon 25% diharapkan di segmen menengah.

Pada Desember, Menteri Perindustrian dan Teknologi Mustafa Varank mengumumkan kesepakatan serupa. Investasi oleh produsen smartphone China, Oppo, yang baru memasuki pasar Turki beberapa waktu lalu, akan menghasilkan 1.000 pekerjaan baru, kata Varank, sambil mengisyaratkan pembiayaan lebih lanjut dari perusahaan teknologi lain. Produksi telepon direncanakan untuk Februari ini, dan fasilitas didirikan di Istanbul dan provinsi Kocaeli, barat laut Turki, kata laporan sebelumnya mengenai investasi tersebut.

Oppo menginvestasikan sekitar 50 juta USD dan bermaksud untuk mengekspor dari Turki, dengan menjadikan Eropa sebagai pasar utama perusahaan itu.

Sumber: Daily Sabah

4.9 7 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Salim
Salim
1 month ago

Kalo di indonesia, investasi masuk bisa bikin smartphone, mobnas cuma 2 minggu sdh jadi……….JANJINYA….Kenyataannya zonk alias ambyar

Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
1 month ago

HP SAMSUNG BUATAN TURKI 🇹🇷.. di jamin lebih unggul dr hp yg lain.. maklum kebetulan fans berat PM ERDOGAN 🇹🇷.. 😍😍😍😍 pengen langsung beli.. nggak sabar pakai hp Samsung buatan TURKI 🇹🇷..

Deny agustian.m
Deny agustian.m
1 month ago

Assalam mualaikum. Salam buat semuanya. Saya suka hp merk samsung, jika turki membuatnya. Saya ingin memilikinya. Karena saya kena phk, keinginan saya tidak mungkin tercapai.

Mas'ut
Mas'ut
1 month ago

Mdh2an bisa masuk indonesia

error: Content is protected !!
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x