Friday, March 5, 2021
Bangsa Turk

Aliyev: Dewan Negara Turki pendukung terbesar perjuangan Azerbaijan

TURKINESIA.NET – BAKU. Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada hari Selasa menyatakan bahwa dari semua organisasi internasional, Dewan Negara Turki adalah penyokong dan pendukung terbesar perjuangan Azerbaijan.

Di Istana Kepresidenan di ibu kota Baku, melalui konferensi video, Aliyev menerima delegasi Organisasi Kerjasama Turki yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Dewan Turki, Baghdad Amreyev, yang bergabung dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Internasional Kebudayaan Turki, Dusein Kaseinov dan Direktur Kebudayaan  dan Yayasan Pusaka Turki, Gunay Afandiyeva.

Aliyev menyambut delegasi tersebut dan berterima kasih atas kunjungan mereka ke daerah-daerah yang dibebaskan di Aghdam dan Fuzuli.

Dia menekankan bahwa delegasi itu telah melihat langsung kehancuran yang disebabkan oleh pasukan pendudukan di kota-kota Azerbaijan. Ia menegaskan bahwa kota-kota Karabakh yang pernah berkembang pesat yang pernah menjadi tempat tinggal bagi puluhan ribu penduduk, telah dihancurkan sepenuhnya oleh Armenia.

Aliyev mencontohkan bahwa wartawan asing menyebut Aghdam sebagai “Hiroshima Kaukasia” dan menganggap deskripsi tersebut bukan sekedar kebetulan.

Aliyev menekankan bahwa pemukiman ilegal di wilayah pendudukan Nagorno-Karabakh sebenarnya merupakan pelanggaran berat terhadap Konvensi Jenewa dan kejahatan perang. Dia menambahkan bahwa situasi tersebut telah diabaikan tidak hanya oleh standar hukum internasional tetapi juga oleh standar moral.

Dia menyoroti bahwa Dewan Turki adalah organisasi internasional yang paling mendukung tujuan negaranya. Ia berterima kasih kepada Sekretaris Jenderal atas dukungannya yang berkelanjutan.

Pernyataan Sekretaris Jenderal Dewan Turki, Baghdad Amreyev di awal, selama dan setelah perang untuk mendukung kedaulatan Azerbaijan dan pembelaannya pada resolusi konflik berdasarkan integritas teritorial Azerbaijan akan dikenang dengan penghargaan yang besar, kata Aliyev.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x