Friday, March 5, 2021
Ekonomi

Menteri Teknologi: Drone Turki akan segera terbang di langit Eropa

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Menteri Perindustrian dan Teknologi Turki Mustafa Varank mengatakan bahwa drone Bayraktar dan ANKA akan segera terbang di atas langit Eropa.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam pidatonya selama keikutsertaannya di Forum Industri Pertahanan Ketiga di Istanbul melalui video konferensi pada hari Kamis.

Varank menjelaskan, investasi yang dilakukan Turki selama lima tahun terakhir akan membuat negaranya segera menjadi salah satu industri pertahanan besar.

“Saya yakin bahwa pesawat tanpa awak (UAV) Bayraktar dan Anka Turki akan terbang di langit Eropa,” kata menteri Turki Mustafa Varank dalam acara yang diselenggarakan bersama oleh Asosiasi Pertahanan dan Dirgantara Istanbul dan Kamar Industri Istanbul.

Ia menambahkan, industri pertahanan merupakan salah satu faktor terpenting yang menjamin kemandirian negara, dan nilai ekspor sektor tersebut mencapai 3 miliar dolar pada tahun 2020.

Ekspor pertahanan Turki naik dari USD340 juta pada 2005 menjadi USD3 miliar tahun lalu, sebut Varank.

Dia mengindikasikan bahwa Turki berupaya meningkatkan persentase produksi domestik di industri pertahanan menjadi 75 persen pada 2023.

Ia melanjutkan, “Perusahaan-perusahaan terkemuka kami di bidang industri pertahanan sudah mulai menempati posisi-posisi maju secara global, dan pada tahap selanjutnya kami akan menjadi salah satu pemain utama secara regional dan internasional.”

Varank mengingatkan bahwa Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace pernah mengatakan UAV Turki adalah “pengubah permainan” dalam peperangan.

Memperhatikan biaya pertahanan global melampaui USD2 triliun tahun lalu, menteri Turki itu mengatakan pendapatan pertahanan dan penerbangan Turki mencapai USD12 miliar setiap tahun.

Ismail Demir, kepala Direktorat Industri Pertahanan Turki, menegaskan bahwa Turki memenuhi sebagian besar kebutuhan pertahanannya dengan produksi lokal.

Dia mengatakan target Turki 2023 untuk industri pertahanan adalah meraup pendapatan USD27 miliar, ekspor USD10 miliar, dan memiliki 80.000 karyawan.

Baca juga  Selain borong UAV, Ukraina juga beli kapal perang dari Turki

Sumber: Turkpress, Anadolu Agency

5 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
1 month ago

kemandirian TURKI 🇹🇷… Produksi alutista sendiri mulai dari darat, udara, laut, semakin laris di ekspor di belahan Eropa. bahkan peminatnya bukan negara kaleng2. Sprti Rusia, Tunisia, Ukraina, dan Inggris, sangsi yg di jatuhkan Amerika cs nato.. tak membuat ekonomi TURKI 🇹🇷 merosok.. ALLAH mengangkat derajat TURKI 🇹🇷.. yg telah banyak menolong kemanusiaan. Maupun umat ISLAM atau non Islam.. salut sm Presiden ERDOGAN dan para jajaran kabinet nya dan rakyat nya yg selalu mengutamakan ke Adilan ALLAH SWT

Yan
Yan
1 month ago

Maaaaaantap……. Turki ….

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x