Selasa, Oktober 19, 2021
Pendidikan

Perpustakaan unik di Turki tetap layani pengunjung selama pandemi

TURKINESIA.NET – KARABUK. Di tengah krisis virus corona, sebuah perpustakaan di provinsi Karabuk, Turki utara, yang dirancang menyerupai deretan buku raksasa di rak tetap melayani pembaca, sebagian besar secara online.

Perpustakaan di kampus Universitas Karabuk (KBU) dibangun dengan dukungan dari seorang filantropis Turki Kamil Gulec, dan dinamai sesuai dengan namanya.

Arsitekturnya menyerupai Perpustakaan Umum Kansas City di AS dan menyediakan akses ke hampir 190 perpustakaan universitas Turki lainnya.

Perpustakaan unik di Karabuk Turki memikat pengunjung

Selama pandemi di mana layanan di banyak daerah telah dipindahkan secara online, 500.000 orang telah mengunduh sumber daya dari perpustakaan itu pada tahun 2020.

Sebanyak 116.943 pengguna mendapat manfaat dari perpustakaan di mana siswa dapat meminjam dan mengembalikan buku di kios yang dilengkapi dengan sistem pemeriksaan mandiri dan juga memindai ponsel melalui layanan perpustakaan saku.

Buku yang dikembalikan disterilkan dan ditempatkan di rak.

Refik Polat, rektor Universitas Karabuk, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa perpustakaan tersebut memiliki desain eksterior yang unik di Turki dan menjadi identitas universitas tersebut.

“Kami memiliki hampir 60.000 buku cetak di perpustakaan kami. Dunia sekarang berorientasi pada buku dan majalah elektronik. Kami memiliki lebih dari 20.000 e-book dan hampir 40.000 e-majalah. Perpustakaan kami banyak digunakan,” katanya.

Perpustakaan juga memiliki 6 juta karya dengan artikel, tesis, dan sumber daya lainnya, kata Polat.

“Kami mencoba membawa seluruh sistem ke tingkat yang dapat dijalankan dengan kecerdasan buatan,” katanya, seraya menambahkan bahwa pejabat perpustakaan ingin membuatnya berfungsi meskipun tidak ada orang yang hadir ke lokasi.

Sumber: Anadolu Agency English

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x