Senin, Januari 17, 2022
Teknologi

Turki sukses uji coba rudal Atmaca anti-kapal, ini keunggulannya

TURKINESIA.NET – SINOP. Turki telah berhasil melakukan uji tembak rudal maritim buatan lokal dengan hulu ledak, kata Kementerian Pertahanan negara itu, Jumat.

Sebuah video yang dibagikan oleh Kementerian Pertahanan menunjukkan, Atmaca berhasil mencapai targetnya di wilayah Laut Hitam setelah ditembakkan dari korvet TCG Kınalıada.

Kegiatan uji coba rudal anti-kapal jarak jauh yang dikembangkan oleh Roketsan, kontraktor pertahanan,  dilakukan di provinsi Sinop utara.

“Musuh kita akan takut pada produk dalam negeri kita, Atmaca,” kata Komandan Angkatan Laut Laksamana Adnan Özbal setelah mengamati uji tembak bersama Erol Karaömeroğlu, Gubernur Sinop.

Ismail Demir, kepala Direktorat Industri Pertahanan Turki (SSB), mengatakan di Twitter: “Rudal anti-kapal nasional pertama kami, #ATMACA, berhasil menghancurkan target ketika ditembakkan dari kapal nasional kami TCG Kinaliada.”

Dia juga mengucapkan selamat kepada semua orang yang berkontribusi pada rudal maritim itu.

Atmaca disebut-sebut sebagai rudal anti-kapal presisi tinggi, jarak jauh, permukaan ke permukaan, dan presisi yang dapat diintegrasikan dengan kapal patroli, fregat, dan korvet.

Inventaris Angkatan Laut saat ini memiliki rudal anti-kapal Harpoon buatan AS. Harpoon diharapkan digantikan oleh rudal Atmaca yang memiliki fitur unggulan tambahan.

Rudal ini membanggakan dengan jangkauan lebih dari 200 kilometer (124 mil) dan menimbulkan ancaman terhadap target yang jauh di luar jangkauan visual.

Rudal ini juga menyediakan pembaruan target, serangan ulang dan kemampuan membatalkan misi melalui tautan data modern.

Pengembangan rudal anti-kapal dimulai pada 2009 dan kesepakatan untuk produksi massal ditandatangani antara SSB dan Roketsan pada 2018.

Rudal Atmaca diharapkan dapat digunakan pada korvet yang dibangun di bawah proyek Kapal Nasional Turki (MILGEM), bersama dengan kapal dan kapal selam lain yang saat ini menggunakan rudal Harpoon.

Baca juga  Beli 24 drone Turki, Menhan Polandia: Bayraktar TB2 sangat teruji, saya senang sekali

Rudal versi darat juga diharapkan dapat digunakan untuk keamanan pesisir.

Rudal tersebut akan didukung dengan mesin KTJ-3200 yang sepenuhnya buatan lokal, yang dikembangkan oleh Kale Group.

Atmaca efektif terhadap target diam dan bergerak berkat ketahanannya terhadap tindakan balasan, pembaruan target, kemampuan penyerangan ulang dan pembatalan tugas, serta sistem perutean 3D yang canggih.

Sistem kontrol peluncuran untuk rudal diproduksi oleh kontraktor pertahanan terkemuka Aselsan, sedangkan sistem kontrol penembakan dikembangkan oleh Komando Pusat Penelitian Angkatan Laut Turki (ArMerKom).

Rudal tersebut melayang rendah di atas air dan dapat mencapai targetnya baik pada bidang linier maupun vertikal. Dengan fitur ini, rudal dapat mencapai ketinggian yang lebih tinggi ketika mendekati target dan dapat mendarat di kapal target dari atas. Target rudal dapat diubah bahkan setelah diluncurkan dan sangat terlindungi dari gangguan elektronik.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

5 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
11 months ago

ALHAMDULILLAH semoga makin berjaya dan makmur selama nya AMIN.. kemajuan teknologi alutista produksi sendiri TURKI 🇹🇷.. tak dapat lagi di ukur ke kuatan nya dengan musuh musuh TURKI 🇹🇷..

Azhari
Azhari
11 months ago

Subhanallah la Haula wala quata illa Billah

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x