Senin, Januari 17, 2022
Timur Tengah

Erdogan keluarkan keputusan pendirian fakultas kedokteran & institut kesehatan di Suriah utara

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan keputusan presiden untuk membuka Fakultas Kedokteran dan Institut Tinggi Layanan Kesehatan, di kota Al-Rai di wilayah Perisai Efrat di Suriah utara.

Presiden Recep Tayyip Erdogan menandatangani keputusan tersebut yang diterbitkan dalam Lembaran Resmi Negara pada hari Sabtu.

Keputusan tersebut menyatakan bahwa Fakultas Kedokteran Cobanbey dan Sekolah Tinggi Kejuruan Layanan Kesehatan Cobanbey akan menjadi bagian dari kampus Universitas Ilmu Kesehatan Turki di Istanbul.

Pada Agustus 2016, militer Turki merebut 2.055 kilometer persegi wilayah Suriah melalui Operasi Perisai Efrat. Pasukan Turki masih dikerahkan di sana bersama faksi-faksi Suriah pro-Ankara.

Pada 2018, militer Turki kembali meluncurkan Operasi Cabang Zaitun di Afrin, menargetkan wilayah yang dikuasai oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Turki melakukan operasi ketiga di daerah timur Efrat pada Oktober 2019.

Sejak itu, Turki telah bekerja untuk mengkonsolidasikan subordinasi daerah-daerah ini ke negara bagian perbatasan Turki Hatay, Sanliurfa dan Gaziantep.

Otoritas Turki membuka cabang Otoritas Pos Nasional dengan transaksi menggunakan lira Turki. Mereka juga membuka sekolah dan menambahkan bahasa Turki ke dalam kurikulum untuk membantu warga Suriah di wilayah yang mereka kelola.

Pada bulan Januari, Otoritas Pos Nasional Turki membuka cabang di kota Tal Abyad. Upacara pelantikan dilakukan di hadapan Gubernur Sanliurfa Abdullah Erin, Direktur Otoritas Pos dan Kepala DPRD Tal Abyad Wael Hamdo.

Gubernur juga meletakkan batu fondasi untuk rumah sakit kebidanan dan ginekologi baru yang akan didirikan di Tal Abyad.

Turki terus memberikan dukungan di berbagai bidang, antara lain transportasi, infrastruktur, pendidikan, keamanan dan kesehatan kepada Tal Abyad yang direbut dari SDF.

Baca juga  Mark Ruffalo “Hulk” bela Palestina, sebut Israel negara apartheid

Sumber: Asharq Al-Awsat

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
11 months ago

Ini baru PEMIMPIN, RACEP TAYIP ERDOGAN. bukan hanya menjadi PM TURKI 🇹🇷 namun Erdogan juga menjelma menjadi PM Umat ISLAM. Dan di cintai umat muslim di dunia. Tidak Ada pemimpin di zaman ini yg lebih baik drpd RT ERDOGAN 🇹🇷.. semua PM dr negara ISLAM munafik dan pengecut. Keculai hanya PM TURKI 🇹🇷..

Last edited 11 months ago by Ayam jantan dari timur
error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x