Tuesday, March 2, 2021
Teknologi

ULAQ, drone boat tempur buatan Turki diluncurkan

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kapal permukaan tak berawak lapis baja pertama Turki (AUSV) yang dikembangkan oleh Ares Shipyard bekerja sama dengan Meteksan Defense Industry Inc. yang berbasis di Ankara, diluncurkan pada hari Jumat.

Menurut pejabat, setelah selesainya uji coba yang akan dilakukan di laut, sekarang perjalanan uji coba untuk AUSV domestik telah dimulai, tahap kedua adalah uji tembak.

Merilis pernyataan bersama, Manajer Umum Galangan Kapal Ares Utku Alanç dan Manajer Umum Pertahanan Meteksan Selçuk Alparslan mengatakan bahwa mereka semua sadar akan pentingnya pertahanan laut di sekitar Turki, yang dijuluki “Blue Homeland,” bersama dengan keamanan dan perlindungan landas kontinen maritim negara dan zona ekonomi eksklusif (ZEE).

“Dalam konteks ini, kami berkumpul sebagai dua perusahaan swasta dan memulai proyek ULAQ, mengedepankan kepentingan nasional kami, dan menyadari fakta bahwa ini juga menjadi contoh dalam industri pertahanan, kami melanjutkan pekerjaan siang dan malam dalam kerjasama yang baik,” kata pernyataan itu.

Pejabat perusahaan menambahkan bahwa mulai sekarang, tujuannya adalah menyelesaikan uji laut dan melakukan uji tembak peluru kendali.

“Sejak hari pertama pengenalan ULAQ, kami telah menerima perhatian yang signifikan baik dari negara kami maupun dari negara-negara sahabat dan sekutu,” kata pernyataan tersebut. Ia menambahkan bahwa minat ini memungkinkan mereka “untuk bekerja dengan motivasi besar untuk merancang dan memproduksi dunia kendaraan laut tak berawak terbaik.”

AUSV merupakan hasil tiga tahun kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) oleh kedua perusahaan. Boat tempur tanpa awak ini akan memiliki jangkauan jelajah 400 kilometer (249 mil), kecepatan 65 kilometer per jam (40,3 mil per jam), kemampuan penglihatan siang dan malam dan infrastruktur komunikasi terenkripsi nasional.

ULAQ dapat dioperasikan dari kendaraan bergerak dan markas atau dari platform laut seperti kapal induk atau fregat, dan digunakan untuk misi seperti intelijen, pengawasan, pengintaian, peperangan permukaan, perang asimetris, misi pengawalan, perlindungan infrastruktur strategis.

Pesawat ini memiliki pod Cirit berpemandu empat laser dan peluncur rudal anti-tank jarak jauh (L-UMTAS) berpemandu dua laser, keduanya dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Turki terkemuka lainnya, Roketsan.

Sebagai pemimpin kelasnya dengan jangkauan 8 kilometernya, rudal Cirit dapat diintegrasikan ke dalam platform darat dan laut, serta helikopter, pesawat sayap tetap, dan kendaraan udara tak berawak (UAV). Sistem rudal anti-tank berpemandu presisi L-UMTAS menonjol sebagai sistem senjata yang efektif melawan target darat dan laut dengan jangkauan, panduan laser, dan hulu ledak tandem yang menembus lapis baja.

Kedua sistem senjata dilengkapi pada ULAQ bersama dengan sistem menara Roketsan yang distabilkan dan peralatan kapal.

Di masa mendatang, boat tak berawak ini juga akan dilengkapi dengan berbagai jenis muatan untuk memenuhi kebutuhan operasional yang berbeda, seperti peperangan elektronik, jamming dan sistem komunikasi dan intelijen yang berbeda, serta sistem rudal.

Selain itu, kapal ini akan beroperasi dengan kapal laut tak berawak serupa lainnya dan melakukan operasi gabungan dengan UAV, kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) dan pesawat berawak. Prototipe kapal tersebut awalnya selesai pada bulan Desember.

Proyek ULAQ adalah fase pertama dari serangkaian proyek kapal tak berawak oleh Ares Shipyard dan Meteksan Defense, dan langkah selanjutnya dikatakan untuk pembuatan kendaraan laut tak berawak untuk pengumpulan intelijen, perburuan ranjau, peperangan pertahanan kapal selam, pemadam kebakaran dan bantuan kemanusiaan atau evakuasi.

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
17 days ago

TURKI 🇹🇷 berkarya & berkarya..
Trus memproduksi alutista modern. Bahkan di bursa pasaran alutista TURKI 🇹🇷 di sukai dan banyak peminat nya, dr negara negara super power. Keberhasilan alutista modern TURKI 🇹🇷 sdh Ter bukti di Medang perang Suriah, Libya, nagorna karabakh. Nggak sprti itu tu janji nya setinggi langit. Namun hanya kentut yg meniggalkan bau busuk.. PM ERDOGAN & KABINET nya 👍👍👍👍

trackback

[…] ULAQ, drone boat tempur buatan Turki diluncurkan […]

error: Content is protected !!
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x