Minggu, Januari 16, 2022
Kontra-teror

Intelijen Turki sukses tangkap tokoh senior teroris YPG di Suriah

TURKINESIA.NET – ANKARA. Seorang tokoh senior teroris YPG/PKK ditangkap di Suriah utara dan dibawa ke Turki pada hari Senin dalam operasi yang dilakukan oleh badan intelijen Turki.

Organisasi Intelijen Nasional (MIT) menangkap Ibrahim Babat, dengan nama sandi Şeh Guyi, dalam operasi yang menargetkan kelompok teror YPG, cabang PKK di Suriah.

Pemimpin brigade kelompok teror itu ditangkap dalam operasi di Suriah ketika dia bepergian dengan kendaraannya, kata sumber yang berbicara secara anonim.

Ketika ditanyai, teroris tersebut mengungkapkan bahwa kelompok teror itu berencana untuk menyerang pos-pos Angkatan Bersenjata Turki (TSK) di perbatasan Suriah-Turki, sumber tersebut menambahkan.

MIT juga menyita bahan peledak buatan tangan, ranjau darat dan detonator listrik milik kelompok teror itu untuk digunakan dalam serangannya di daerah Operasi Mata Air Perdamaian, tambahnya.

Setelah bergabung dengan kelompok teror PKK pada tahun 2011 dan berperan dalam aktivitas kelompok tersebut di Turki dan Irak utara, Babat pindah ke Suriah pada tahun 2017 di mana ia naik peringkat di jajaran kelompok teror tersebut.

Ankara menganggap YPG sebagai ancaman keamanan nasional yang berat.

YPG mendapat dukungan dari AS dengan dalih memerangi kelompok teroris Daesh di lapangan,

Sejak 2016, Turki juga meluncurkan tiga operasi anti-teror yang berhasil melintasi perbatasannya di Suriah utara untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan pemukiman damai bagi penduduk.

Dalam lebih dari 40 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan UE – bertanggung jawab atas kematian setidaknya 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayam jantan dari timur
Ayam jantan dari timur
9 months ago

Inilah Syiah yg selalu mengaku2 ISLAM.. merusak ISLAM dr dalam.. padahal Syiah & Yahudi bersaudara.. kaum licik

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x