Minggu, Januari 16, 2022
Ekonomi

Turki tidak ada langkah mundur dari mekanisme pasar bebas

TURKINESIA.NET – ANKARA. Menteri Keuangan dan Perbendaharaan Turki, Lütfi Elvan, berjanji tidak akan berkompromi pada mekanisme pasar bebas, dengan sangat mementingkan fungsi pasar yang efisien.

“Rezim kebijakan pertukaran liberal akan terus berlanjut dengan tegas,” kata Elvan dalam sebuah pernyataan, Senin, setelah pergantian gubernur bank sentral dan di tengah perkembangan mata uang.

Elvan menekankan bahwa Turki akan mempertahankan kebijakan makronya, serta memprioritaskan upaya disinflasi dengan tekad yang bulat sampai penurunan inflasi permanen tercapai.

“Kami akan terus menerapkan kebijakan fiskal untuk mendukung stabilitas harga dengan cara yang melengkapi kebijakan moneter,” tutur dia.

Menyinggung paket reformasi ekonomi baru negara yang diumumkan pada 12 Maret, Elvan mengatakan paket itu akan semakin memperkuat fondasi struktural ekonomi negaranya dan meningkatkan ketahanannya terhadap guncangan.

Lira Turki jatuh 15% mendekati level terendah sepanjang masa setelah pasar dibuka pada hari Senin. Mata uang jatuh ke level 8,48 versus dolar, dari 7,21 pada hari Jumat, kembali ke level yang disentuh pada awal November ketika mencapai rekor intraday 8,58. Terakhir berpindah tangan pada 8.07.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x