Senin, Januari 17, 2022
TeknologiUncategorised

Saat fase uji selesai, Turki akan miliki 50 juta dosis kandidat vaksin

TURKINESIA.NET – ANKARA. Jika semua fase berhasil diakhiri, Turki akan memiliki 50 juta dosis kandidat vaksin virus Corona yang inovatif, kata Menteri Industri dan Teknologi Turki, Mustafa Varank pada hari Rabu.

Berbicara kepada wartawan di parlemen, Mustafa Varank mengatakan, uji coba vaksin fase-1 pada manusia dimulai pada hari Sabtu.

Ia menekankan bahwa proses pengembangan vaksin tidaklah mudah. Fase pertama dapat diselesaikan paling cepat dalam dua bulan, katanya.

“Jika semua tahapan berhasil diselesaikan, kami akan memiliki calon vaksin pada akhir tahun dengan kapasitas 50 juta dosis,” ujarnya.

Varank mengatakan beberapa negara ingin bekerja sama dengan Turki dalam mengembangkan vaksin.

“Beberapa negara bersedia melakukan uji coba Fase-3 [dengan Turki],” katanya.

“Jika kami terlibat dalam jenis pekerjaan ini dengan mereka, prosesnya akan dipersingkat dan reputasi vaksin akan meningkat karena ini akan menjadi pekerjaan internasional,” ujarnya.

Sebelumnya, selama upacara peresmian pabrik produksi graphene Nanografi di Ankara, Varank mengatakan dirinya optimistis bahwa vaksin intranasal akan meningkatkan upaya Turki dalam memerangi pandemi Covid-19.

Menurut dia, vaksin itu dapat dimodifikasi jika terjadi mutasi virus.

Varank juga mengatakan bahwa berkat investasi baru, Turki akan menjadi salah satu dari 10 negara yang dapat memproduksi graphene dalam skala besar.

Kelompok ilmuwan Turki bekerja sama dengan perusahaan nanoteknologi Nanografi tengah mengembangkan vaksin Covid-19 intranasal pertama di Turki.

Kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan bersama oleh Mayda Gursel dari Universitas Teknik Timur Tengah Turki dan Ihsan Gursel dari Universitas Bilkent, didasarkan pada prinsip meniru bentuk virus yang tidak menular.

Sumber: Anadolu Agency

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x