Senin, November 29, 2021
TeknologiUncategorised

Pertama kali dilibatkan dalam latihan militer, ULAQ capai target dengan akurasi tepat

TURKINESIA.NET – ANKARA. Kapal permukaan tak berawak lapis baja pertama Turki (AUSV), telah mencapai target dengan akurasi tepat dalam penembakan pertama. Platform pertama dari seri ULAQ itu diterjunkan dalam latihan militer Sea Wolf (Denizkurdu) 2021 yang sedang berlangsung oleh Angkatan Laut Turki secara bersamaan di Mediterania Timur dan Laut Aegea, kata Kementerian Pertahanan Nasional, Kamis.

Kemenhan membagikan pernyataan itu melalui akun Twitter-nya disertai dengan rekaman video yang menunjukkan penembakan kapal laut. Kapal ini dikembangkan oleh Ares Shipyard bekerja sama dengan Meteksan Defense Industry Inc. yang berbasis di Ankara.

“Dikembangkan dengan sumber daya nasional, AUSV berhasil melepaskan tembakan pertamanya dalam latihan Sea Wolf 2021 dan mencapai target dengan akurasi penuh,” bunyi pernyataan itu.

Boat tempur nirawak itu awalnya diluncurkan di laut pada Januari dan memulai perjalanan uji coba. Kemudian pada Mei, diumumkan bahwa AUSV siap meluncurkan misil.

Produksi stasiun pengendali pantai yang dikembangkan untuk mengendalikan kapal dari darat, juga telah selesai.

AUSV merupakan hasil dari tiga tahun kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) oleh kedua perusahaan. ULAQ memiliki daya jelajah 400 kilometer (249 mil), kecepatan 65 kph (40,3 mph), kemampuan penglihatan siang dan malam dan infrastruktur komunikasi terenkripsi nasional.

Produk laut tak berawak otonom yang dikendalikan dari jarak jauh itu dapat dioperasikan di kendaraan darat dan dari pusat komando markas atau di platform terapung. ULAQ dapat melakukan tugas-tugas seperti pengintaian, pengawasan, intelijen, perang permukaan, perang asimetris, pengawalan bersenjata dan perlindungan kekuatan bersama dengan keamanan fasilitas strategis.

Boat ini memiliki pod Cirit berpemandu empat laser dan peluncur rudal anti-tank jarak jauh (L-UMTAS) berpemandu dua laser, keduanya dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Turki terkemuka lainnya, Roketsan.

Baca juga  Paus Fransiskus serukan dialog terkait sengketa Mediterania, begini tanggapan Turki

Sebagai pemimpin kelasnya dengan jangkauan 8 kilometernya, rudal Cirit dapat diintegrasikan ke dalam platform darat dan laut, serta helikopter, pesawat sayap tetap, dan kendaraan udara tak berawak (UAV). Sistem rudal anti-tank berpemandu presisi L-UMTAS menonjol sebagai sistem senjata yang efektif melawan target darat dan laut dengan jangkauan, panduan laser, dan hulu ledak tandem yang menembus lapis baja.

Kedua sistem senjata dilengkapi pada ULAQ bersama dengan sistem menara Roketsan yang distabilkan dan peralatan kapal.

Di masa mendatang, boat tak berawak ini juga akan dilengkapi dengan berbagai jenis muatan untuk memenuhi kebutuhan operasional yang berbeda, seperti peperangan elektronik, jamming dan sistem komunikasi dan intelijen yang berbeda, serta sistem rudal.

Selain itu, kapal ini akan beroperasi dengan kapal laut tak berawak serupa lainnya dan melakukan operasi gabungan dengan UAV, kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) dan pesawat berawak. Prototipe kapal tersebut awalnya selesai pada bulan Desember.

Proyek ULAQ adalah fase pertama dari serangkaian proyek kapal tak berawak oleh Ares Shipyard dan Meteksan Defense, dan langkah selanjutnya dikatakan untuk pembuatan kendaraan laut tak berawak untuk pengumpulan intelijen, perburuan ranjau, peperangan pertahanan kapal selam, pemadam kebakaran dan bantuan kemanusiaan atau evakuasi.

Latihan militer Seawolf yang dilakukan oleh Komando Angkatan Laut Turki di Laut Aegea dan Mediterania Timur, dimulai 25 Mei.

Sebanyak 132 kapal, 10 kapal selam, 43 pesawat, 28 helikopter dan 14 kendaraan udara tak berawak (UAV) berpartisipasi dalam latihan tersebut. Selain personel angkatan darat dan udara, proyek kerja sama dengan 10 lembaga publik dan Bulan Sabit Merah Turki juga berlangsung selama latihan.

Sumber: Daily Sabah

Baca juga  Terobosan baru, Turki ungkap proyek drone laut anti kapal selam

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x