Sabtu, September 18, 2021
Eropa

Menlu Turki & Latvia bahas kerja sama pertahanan

TURKINESIA.NET – ANKARA. Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Cavuşoğlu pada hari Selasa bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Latvia Artis Pabriks yang berkunjung ke Ankara. Dalam pertemuan tersebut, kedua pejabat senior tersebut membahas masalah bilateral dan kerja sama pertahanan.

Di Twitter, Cavuşoğlu memposting foto pertemuan mereka di ibu kota Turki, Ankara. Menlu itu mengatakan bahwa dirinya “membahas hubungan dan peluang kerja sama kami di industri pertahanan” dengan Pabriks yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan Latvia.

“Kami akan mengembangkan kerja sama kami dengan Latvia, sekutu NATO ke-2 kami yang menunjukkan minat pada teknologi UAV kami,” tulis Cavuşoğlu.

Bulan lalu, Warsawa mengumumkan akan membeli 24 kendaraan udara tak berawak (UAV) dari Turki karena ketangkasan drone itu yang telah terbukti dalam konflik baru-baru ini. Pembelian itu membuat Polandia menjadi sekutu NATO pertama yang membeli UAV Turki.

Kemudian pada hari itu, Pabriks juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar. Dalam pertemuan tersebut dibahas kerjasama di berbagai bidang antara lain pelatihan militer, pertahanan, keamanan dan industri pertahanan.

Akar mengungkapkan kegembiraannya karena mereka mencapai pemahaman yang sama dalam semua masalah yang mereka diskusikan.

Sementara itu, Pabriks mengatakan bahwa Turki adalah mitra NATO yang sangat andal dan menggarisbawahi kesediaan Latvia untuk bekerja sama dengan Turki.

Dia juga mengatakan bahwa Turki telah mengambil langkah yang sangat penting untuk menjadi pemain yang dikenal secara global di industri pertahanan.

Sumber: Daily Sabah, Anadolu Agency

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x